Langsung ke konten utama

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok.

Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek.

Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem.

Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh.

Yup!

KARENA MODUS!

Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe

Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah "dibantu"???


Inilah dia.
#PERMENeps3
PERMASALAHAN MILENIAL
Menyingkap fakta tentang dosen pembimbing.


Gue rasa, Dilan jaman SMA mungkin sedikit berubah pas udah kuliah. Semakin langgeng sama Milea, Dilan malah kayaknya terlalu bucin. Nganter Milea pake motor ganteng, gombalin Milea padahal Milea lagi sekarat, atau bahkan ngerjain skripsi Milea padahal Milea ngga lanjutin S1.

*milih somay aja dah, laper* (Source: kaskus.id)

(bercanda yaa wahai #DilanMileaGarisKeras hiyahiyahiya)

Fakta di lapangan, perbandingan bucin dan tidak bucin di dalam per-skripsi-an duniawi ini imbang lho. Ada juga yang ngga ngandelin pasangan, tapi tetep semangat ngerjain.

Itu urusan bucin alias "saling membantu" ya. Beda lagi sama urusan patah hati atau diputusin atau dijauhin dari pasangan. Beuh, ini yang kadang-kadang bikin mood kita buat ngerjain sempoyongan kayak abis naik bis AKAP tengah malem.

Mikir sulit. Nyari referensi malah buntu. Bawaannya pengen stalking mantan aja. Alih-alih nyari literatur, si patah hati malah nyari tau si mantan lagi deket sama siapa.

Yang paling epic dari kedua hal tadi adalah nulis nama pacar di ucapan terima kasih!! wkwk. Wah, ini kalo beneran masih ada yang bego buat nulis nama doi terang-terangan, keterlaluan dah! Dosen-dosen di jurusan gue dikenal sangat menentang "pacar-pacaran". Temen-temen gue yang punya pacar pun sudah mulai lihai menyiasatinya. Ditaruh sekalimat dengan nama saudara. Ditaruh sekalimat dengan nama sahabat. Atau, bikin ucapan terima kasih terpisah yang ga dikasih liat sama dosen.

Mau ada doi atau tidak, skripsi haruslah tetap ditulis. Haruslah tetap dikerjakan. Semakin lama ditunda, maka semakin lama lulusnya juga.
.
.
kayak gue 

Kalo lu masih inget, #PERMENeps2 ngebahas tentang gimana caranya ngerjain skripsi yang "gue banget". Salah satunya adalah anjuran untuk nanya ke temen. Anjuran ini dateng pertama kali dari dosen pembimbing akademik gue yang cewe, Bu Ade namanya. Beliau sudah mewanti-wanti anak perwaliannya buat saling bantu ketika dihadapkan dengan skripsi. Jauh sebelum kami masuk semester 7, awal semester 1 bahkan.

Menurut beliau, penting bagi kami untuk saling bantu. Saling peduli satu sama lain. Minimal dalam satu geng pertemanan. Ingetin satu sama lain untuk kerjain draft. Saling support juga. Dan masih banyak anjuran dari beliau tentang kebersamaan yang membantu ketika skripsian.

Dosen akademik gue yang lain, Pak Adit, juga pernah bilang ke kami mahasiswa perwaliannya untuk tidak segan (re: tidak malu) untuk bertanya yang ngga dingertiin ke siapapun itu. Ngga mandang lebih senior siapa atau lebih pinter siapa. Tanya aja deh kalo bingung, kata beliau.

Well, dua dosen tadi adalah sampel baik dari positifnya seorang dosen terhadap jalannya perskripsian duniawi para mahasiswanya. Sama seperti para pengajar yang lain, dosen juga menjadi yang berjasa bagi lu yang kuliah. Seabsurd dan setidak menyenangkannya dosen lu, merekalah yang menjadikan diri lu bisa D3, S1, S2, atau S3.

Di masa skripsian, dosen pembimbing menjadi dosen yang paling ngga pengen lu bikin kecewa. Lu pengen dosen pembimbing lu nyaman sama kehadiran lu. Karena, dengan hal itu, beliau-beliau bakal mempermudah jalan lu lulus.

Yang gue jelasin barusan adalah sebuah kondisi ideal bagaimana sebuah alur bimbingan skripsi itu berjalan. Kita kerjain draft, kita datang bimbingan dengan otak isi dan tampilan baik, lalu kita dibimbing oleh dosen kita, revisian, dan seterusnya, hingga draft kita di acc. Entah acc seminar proposal, seminar hasil, atau sidang.

Kondisi ideal tersebut bisa terjadi karena adanya saling pengertian, baik dari si dosen atau si mahasiswa. Banyak temen gue yang selalu ngeliat kalo "yang salah itu dosen gue" sehingga dia ngga maju-maju. Padahal, ketika bimbingan, bisa jadi temen gue itu ngga ngerti tentang apa yang ditulis makanya dia ga bawa senjata yang cukup. Belanda pake senjata, rakyat yang dijajah pake bambu runcing, lah elu cuma ngandelin piso dapur emak lu. *tepokjidat*

Pun, dosen pembimbing juga seharusnya bisa peduli dengan karakter mahasiswa bimbingannya dan penelitiannya secara umum. Ketika sidang, dosen pembimbing gue pun mengakui kalo beliau-beliau tau gimana gue harus melangkah. Harus sudah sejauh apa sih gue dalam ngelakuin penelitian. Dan kira-kira, gue bisa ngga ya ngambil penelitian ini. Nah, kepedulian dosen inilah yang tarafnya beda-beda.

"Gue udah sebulan ngga dipanggil bimbingan masa. :("
"Masa ya, si A diperhatiin banget sama Bu B? Gue kan duluan penelitiannya padahal."
"Gue barusan bimbingan sama Pak C. Bentar banget woy! Besok suruh ketemu, gue masa mau langsung acc??!"

Curhatan-curhatan mahasiswa kayak barusan itu pasti buanyak lu temuin dong? Atau mungkin termasuk lu juga? Yaa, mau gimana pun itu satu hal yang harus lu sadari adalah dosen juga manusia. Kayak yang gue bilang, kalo masing-masing dosen tau kapan anak bimbingannya harus A, B, C dan seterusnya. Justru, dosen yang ngga begitu, harus lu pertanyakan keseriusan dia untuk membimbing lu.

Karena dosen juga manusia, maka sebagai manusia yang baik juga, lu harus bisa paham gimana dosen lu itu dalam membimbing lu. Hal-hal ini bisa lu lakuin atau praktekin supaya dosen lu ngga bosen ngeliat lu bimbingan-bimbingan mulu tapi kaga kelar-kelar.


1. Ikutin aja apa kata dosen lu selama make sense dan nyambung sama penelitian lu.
Kelakukan dosen ada-ada aja. Suruh print satu pdf 500 hlm lah. Suruh bikin lampiran Z padahal lu ngga ada niatan bikin lampiran itu. Dan masih banyak suruhan lain dari dosen lu. Saran gue, ikutin aja! Kalo dosen lu cukup menerima argumen, cobalah beragumen dengan beliau kenapa lu harus lakuin itu. Tapi kalo dosen lu antikritik, ikutin aja. Mau ngga mau. Yang penting, ada gunanya buat penelitian lu.

2. Di luar penelitian, hargai pembimbing sebagai dosen yang emang "dosen".
Kerjaan pembimbing lu ngga cuma ngebimbing lu sampe rambut doi ngga ada yaa. Kerjaan utama doi ya ngajar dooong. Jadi, kalo lu mau nyamperin dosen lu bimbingan ya liat-liat dia lagi sibuk apa engga. Dia lagi mau masuk kelas apa ngga. Mentang-mentang umur di kampus udah limit, otak lu jangan sampe limit juga.

3. Pas bimbingan, penuhi otak lu dengan yang lu tulis di draft dan alasan kenapa lu tulis itu.
Tentu untuk memaksimalkan bimbingan, harus ada interaksi dua arah yang aktif. Jangan pernah mikir kalo dosen lu itu cenayang! Lu kira doi bakal ngeluarin kartu tarot terus baca garis tangan lu?

4. SABAAAAR
Sabar adalah koentji. Pernah tau dong pepatah guyon, "orang sabar, pantatnya lebar"? Dalam konteks nunggu bimbingan, ini bener sih. Dari yang elu nunggu berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan. Sampe ketika hari bimbingan dateng, lu nunggu dari pintu ruang dosen dibuka sampe tuh pintu mau digembok lagi. Semuanya harus dijalanin dengan sabar! HARUS!

5. Yang terpenting adalah JUJUR!
Gue pantang bohong sama pembimbing. Progres gue sebisa mungkin harus gue kasih tau atau tanya ke pembimbing. Jangan biarin ego lu ngalahin kejujuran lu. Masa mau jadi koruptor sih? Nutupin data gagal, lalu ngubah data. Gue yakin, lu bisa kok lakuin itu. Lakuin tugas akhir lu ini dengan jujur! Kaga bosen 12 tahun sekolah nyontek mulu(?) *eh


Jadi, mau gimana pun dosen lu, yang penting dari ini semua adalah diri lu sendiri. Percuma gue ngoceh dan nulis banyak di sini tapi kalo di diri lu ngga kemauan buat bangkit.


KUY LULUS!!


Source: ig (at)untirtakita






















Referensi artikel yang gue rujuk tentang cinta-cintaan:
https://mojok.co/wln/esai/jangan-tulis-nama-pacar-di-pengantar-skripsi-jangan/ 
https://www.idntimes.com/life/education/rafly/putus-cinta-disaat-penulisan-skripsi-inilah-yang-akan-terjadi-c1c2/full 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue