Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dengan label mahasiswa

KENAPA MASUK BIOLOGI?? #SEKULeps1

Untuk sebagian besar pelajar dan mahasiswa, pekan ini sudah masuk pekan kedua kalian belajar online. Gue tau, pas awal kalian dapet kabar kalo sekolah/kuliah kalian diliburin, pasti kalian seneng. Sehari, masih happy. Dua hari, masih nyesuaiin diri. Lima hari, tugas-tugas deadline dikirim via email. Tujuh hari, kuota abis, minta tetring nyokap, sambil gendong adek lu yang bayi, sambil gantiin aki mobil bokap lu. MODYAAR~~ Yaa apapun situasi dan kondisi kalian saat ini, bersyukurlah. Karena kalo dipikir-pikir, momen-momen kalian kuliah atau sekolah itu kadang jadi hal yang bikin kalian geli, aneh, dan ketawa sendiri. Seperti biasa, tiap pagi gue boker, gue selalu merenung (baca: melamun) tentang konten atau tulisan apa yang bakal gue bikin. Pagi ini, sekelebat tema itu datang.  Di postingan kali ini, gue akan bahas kenapa gue bisa masuk ke biologi. Biologi bukan sembarang biologi, biologi ini yang agak spesial. Yang gue maksud adalah jurusan pendidikan biologi. ...

TERLALU SAYANG ATAU TERLALU PATUH?? BAHAS BUCIN BERSAMA GUE YANG DOYAN MICIN (#CILOKeps2)

"Eh, si A ke mana?" "Lagi nganter doinya beli make up." "Oh gitu." "Widih! Tumben sendiri? Mana si B?" "Ada di rumah. Bentar lagi mau jemput dia nih gue." "Lah? Kan baru dateng lu? Trus mau balik lagi lu?" "Iya. Hehehe. Sorry ya." "Hmmm..." "Mas C, kamu minggu depan sidang ya? Siapkan semua syaratnya dan jangan lupa edit skripsi kamu." "Nggg? Gimana, Bu?" "Iya. Edit skripsi kamu. Cuma satu halaman saja. Di bagian ucapan terima kasih kamu. Tolong, tidak usah tulis nama pacar kamu di situ ya. TIDAK PENTING!" (dalam hati) HAAAAA???!! TIDAK PENTING???!!!! (ngomongnya pake nada coki-muslim. hiya hiya hiya) Tiga percakapan itu sering terjadi di antara kumpulan mahasiswa tingkat akhir. Di saat semua temannya sedang kumpul, ada aja satu orang atau lebih yang absen gara-gara berurusan sama doinya. Atau, ada aja dosen pembimbing yang nyuruh lu buat "nyingkirin...

SINI, BIAR GUE YANG TULISIN!! (#iklan #promosiakunsendiri)

Selain hobi makan, gue juga suka nulis. Nuangin ide atau pendapat gue lewat tulisan. Terciptanya blog ini juga sebagai bukti kalo gue emang suka nulis. Macem-macem yang udah gue tulis di blog ini. Dari cerpen, curhatan, sampe yang terbaru tentang kulineran. Ketertarikan gue dengan dunia nulis-nulis ini juga bertambah sejak gue kuliah. Sebenernya sih, ini juga karena gue harus nulis. Nulis laporan praktikum dengan tulis tangan turut menyumbangkan kemampuan gue. Tidak hanya tentang cara nyusun kalimat biar nyambung, tapi juga tentang cara nulis laporan praktikum hanya dalam waktu semalaman padahal yang ditulis berlembar-lembar.  Iya. Bener. DITULIS TANGAN. wk Skripsi juga mengasah kemampuan gue nulis. Banyak lah. Biar ga kepo, bisa baca tulisan gue tentang gimana cara gue skripsian dulu di #PERMENeps2 ya. Kerjaan tulis-menulis juga cukup berkembang pesat. Content writer, copy writer, editor, dan sejenisnya itu perlu banget kemampuan nulis yang bagus. MAKA DARIPADA IT...

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah ...

SKRIPSI APAAA YANG MERASUKIMUUU?? HINGGA KAU TEGA MENGKHIANATIKUUU??! (#PERMENbag2)

Salah satu syarat seorang mahasiswa lulus dari perkuliahan S1-nya adalah selesai mengerjakan skripsi. Tapi tunggu. Beneran salah satu atau satu-satunya? Hmmm... Skripsi menjadi momok, menjadi ketakutan, menjadi sesuatu yang nyebelin kalo ngga tau cara ngerjainnya. Apalagi, kalo tema penelitian yang lu ambil antimainstream, jarang ada yang ngambil karena baru. Sebagai alumni yang jalanin kuliah selama 5 tahun, tentunya gue juga ngerjain skripsi dengan banyak lika-liku. Banyak hal positif-negatif yang tentunya kita semua alamin ketika ngerjain skripsi. Inilah dia. #PERMEN bagian 2 PERMASALAHAN MILENIAL Mengulik penyusunan skripsi. Awal kuliah adalah masa ketika gue ngga mikiran tentang skripsi. Bentuknya kayak gimana, cara nulisnya gimana, tema penelitiannya apa juga gue ngga mikirin. Gue baru aware sama skripsi ketika ada kaka tingkat yang butuh audience untuk seminar penelitiannya. Sekadar info, di jurusan gue itu ada persyaratan kalo mau ngadain seminar proposal dan sem...

9 PILIHAN MAKANAN "SULTAN" DI KAMPUS SULTAN a.k.a UNTIRTA (#JAJANbag2)

Sebagai jebolan kampus sultan, gue ini ngga sultan-sultan banget kalo mau makan. Pilihan gue tetep mengandalkan mana yang paling MURAH DAN BANYAK. Kalo makanan itu enak, ya bonus laaah. Ga usah basa-basi lagi. Inilah, 9 MAKANAN SULTAN KERE DI KAMPUS SULTAN! :D 1. Jajanan "Aci-Aci"-an Aci merupakan bahan dasar makanan berupa tepung, bisa tepung terigu, tepung beras, atau jenis tepung yang lain. Jajanan di sekitaran kampus Untirta (atau mungkin di sekitaran kampus kalian) pada umumnya mengandung aci. Sebut saja seperti cilok, cimol, cilor, cilung, cibay, dan ci ci yang lain. Ada yang digoreng, ada yang dikukus. Ada yang bulet, ada yang kotak. Porsinya bisa kalian tentuin sendiri. 5k, 10k, 15k, 200k, 500k. Dua harga terakhir malah bisa buat ngeborong dagangan abangnya. Rating: 6/10 (standar lah yaa) 2. Mi Eong Acun Gue baru tau nama ini makanan sekitaran setahun ke belakang. Kira-kira, apa yang bisa bikin si teteh yang jualan namain booth nya "EONG ACUN" ya...

TEROBSESI JADI FOODVLOGGER, SEORANG ALUMNI UNIVERSITAS INI BIKIN KONTEN KULINER DI INSTAGRAM! ALASAN NOMOR 4 BIKIN KAMU KAGET!!?

Wah, ga kerasa gue udah lulus juga. Hehehe. Udah lulus bukan berarti bikin gue "merdeka" loh. Tuntutan "kapan lulus" berubah jadi "udah dapet panggilan kerja di mana". Ketika postingan ini up, gue sudah kurang lebih 3 bulan meng-anggur. Bulan pertama gue habiskan waktu untuk membereskan segala hal yang belum beres di kampus. Bikin hardcover skripsi, bebas pustaka, dan daftar wisuda. Bulan kedua gue "mengabdikan" diri untuk menjadi kaum rebahan alias ga ngapa-ngapain. Dan sampailah gue di bulan ketiga ini, yang mana gue udah realize kalo gue harus ngelakuin sesuatu yang "bermanfaat". Kesadaran gue buat bangun dan ga rebahan lagi itu muncul pada satu momen. Momen ketika postingan IG kuliner gue di-repost oleh IG @abouttng itulah yang buat gue bangkit. | | Sebelum lebih jauh lagi, gue mau kenalin dulu sama IG kuliner gue itu. Nama akunnya @makansemaunya alias FoodForLife. Lu bisa klik di sini buat langsung masuk ke situ yaa. Ab...