Langsung ke konten utama

SKRIPSI APAAA YANG MERASUKIMUUU?? HINGGA KAU TEGA MENGKHIANATIKUUU??! (#PERMENbag2)

Salah satu syarat seorang mahasiswa lulus dari perkuliahan S1-nya adalah selesai mengerjakan skripsi. Tapi tunggu. Beneran salah satu atau satu-satunya? Hmmm...

Skripsi menjadi momok, menjadi ketakutan, menjadi sesuatu yang nyebelin kalo ngga tau cara ngerjainnya. Apalagi, kalo tema penelitian yang lu ambil antimainstream, jarang ada yang ngambil karena baru.

Sebagai alumni yang jalanin kuliah selama 5 tahun, tentunya gue juga ngerjain skripsi dengan banyak lika-liku. Banyak hal positif-negatif yang tentunya kita semua alamin ketika ngerjain skripsi.


Inilah dia.
#PERMEN bagian 2
PERMASALAHAN MILENIAL
Mengulik penyusunan skripsi.


Awal kuliah adalah masa ketika gue ngga mikiran tentang skripsi. Bentuknya kayak gimana, cara nulisnya gimana, tema penelitiannya apa juga gue ngga mikirin. Gue baru aware sama skripsi ketika ada kaka tingkat yang butuh audience untuk seminar penelitiannya.

Sekadar info, di jurusan gue itu ada persyaratan kalo mau ngadain seminar proposal dan seminar hasil. Syaratnya adalah audience yang dateng ke seminar itu haruslah mnimal 15 orang. Saat itu, si kating gue ini audience-nya belum sampe 15 orang. Pembimbing skripsinya pun akhirnya meminta kelas gue yang baru keluar mk untuk ngikutin seminar si kating.

Dari situ, gue merasa kasihan dengan kondisi kating itu. Udah mah senior banget (lebih dari 5 tahun masa kuliah), temennya juga cuma dikitan, dan pembimbingnya juga kayak "yaudah deh, seminar aja, yang penting kamu lulus."

Daaan, kejadian itu "hampir"gue alami. Gue ada di posisi yang mirip dengan si kating. Bedanya, audience gue lumayan banyak, pembimbing gue juga full support to me, dan gue juga udah masuk tahun kelima kuliah. Satu hal yang sama persis adalah kurangnya teman yang satu per satu hilang.

Bukan karena ngejauhin gue ya. Bukaaan. Tapi, karena satu per satu temen seangkatan, temen sekelas, dan sahabat deket juga udah pada lulus. Gue maklum sih. Dan satu hal yang harus gue akuin adalah bahagianya ngeliat temen seangkatan yang dateng ke kampus. Bukan lagi sekelas, tapi seangkatan. Yang tadinya ngga akrab-akrab banget, malah tambah akrab.

Nulis skripsi tuh ngga melulu bicara soal kemampuan lu mikir, analisis, atau ngetik sesuai aturan tapi juga tentang mental lu. Kondisi psikis lu yang turut menyumbangkan energi untuk nyelesaiin skripsi. Mental lu diuji di sini. Tuntutan pembimbing yang harus perfect, tuntutan orang tau yang nyuruh cepet lulus, pendapat negatif tentang lu, dan kondisi-kondisi lain yang bikin lu down di luar ketiga hal itu.

At the end of the day, skripsi adalah hasil final lu kuliah. Mahatugas dari segala tugas selama lu kuliah. Skripsi menuntut si penulis untuk analisis masalah atau topik yang diangkat, memperkuat analisis itu dengan banyak literatur, dan berusaha untuk menjadikan tulisan yang dibuat adalah sesuatu yang mendukung teori yang diangkat.

Gue rasa, kemampuan yang gue sebut barusan itu udah bisa lu lakuin. Kendala terbesarnya adalah bagaimana cara lu menuangkan pikiran dan analisis lu dalam bentuk kalimat. Untuk yang satu ini, Puji Tuhan, gue ngga alamin kendala itu. Gue merasa sangat bersyukur kalo inget guru gue samasa SMA yang terus konsisten ajarin gue cara nulis kalimat yang baik dan bener.

Beliau biasa dipanggil Pak Ono. Nama lengkapnya Drs. H. Sudarno. Beliau tergolong guru senior di sekolah gue dulu. Dan di sekolah gue juga cuma beberapa kelas yang beruntung diajar oleh beliau, satu kelas pas kelas 11 dan tiga kelas pas kelas 12. Gue saat itu ngga tau apa gunanya gue ngerjain tugas-tugas beliau yang itu-itu mulu. Ngebolak-balikin SPOK lah, nulis daftar pustaka lah, nentuin mana induk kalimat atau anak kalimat lah. Ulangan-ulangannya pun ngga jauh-jauh dari itu. Tapi, sekarang gue sangat sangat sangaaaat bersyukur dengan ajaran beliau itu.

Kendala nulis sesuai kaidah penulisan itu jadi kendala banyak temen gue. Penempatan tanda baca, pemakaian kata sambung, penulisan kalimat yang bener adalah banyak kendala yang temen-temen gue hadapi. Gara-gara itu, skripsi mereka bisa "tertunda". Yang mestinya bisa selesai 4 bulan, malah jadi 6 bulan gara-gara bolak-balik ngurusin penulisan.

Nah, karena banyaknya temen dan adik tingkat yang nanya atau sharing tentang skripsinya, gue berhasil menyimpulkan beberapa hal tips untuk ngerjain skripsi kalian.

1. Yang penting tekun. Walau cuma sekalimat aja, itu ngga jadi masalah.
Kating gue pernah buat story di WA yang isinya kalimat tersebut. Bener loh kata dia. Yang jadi penghambat nulis skripsi itu adalah kita takur buat nulis ide-ide kita. Mau ngetik A tapi takut salah. Mau nyeritain alasan B tapi takut ngga logis. Hal-hal ini perlu dihindari supaya kita ngga ketinggalan progresnya sama temen kita yang lain.

2. Dateng ke kampus lah walau udah ngga ada kuliah. Syukur-syukur, ngerjain di kampus.
Ide ini dateng dari kelompok kami, SJP Corp, yang resah dengan keadaan kami. Udah out of the time alias masuk tahun kelima, tapi kok ya ngga lulus-lulus gitu. Maka, dengan semangat tinggi 45 itu, kami beranikan diri untuk kembali ke kampus dan ngobrol-ngobrol lagi, plus bahas topik gimana caranya kami ini bisa lulus. Di situ, kami buat "perjanjiaan" kalo kami minimal seminggu sekali ke kampus. Waktu itu, kita sepakatnya hari Jumat.

Mungkin, buat gue, ini adalah salah satu pemicu terbesar buat diri ini ngerjain skripsi dan mulai segera memikirkan kelulusan gue. Dan, ini berhasil buat gue. Hampir setiap hari, mungkin 3-4 hari tiap weekday gue sempetin ke kampus buat ngedraft. Puji Tuhan, gue juga akhirnya lulus dengan ritme ngerjain yang gue lakuin ini.

3. Ngerjain dengan cara lu, bukan dengan cara orang lain.
Gue ngga bisa tuh, ngerjain di tempat yang terlalu sepi. Di kamar sendiri misalnya. Itu malah aneh buat gue. Biar ga bosen, gue ngerjain sambil gue dengerin lagu-lagu di sportifi. Atau, tv gue nyalain biar ngga sepi-sepi amat.

Temen gue ada yang baru bisa fokus ngerjain di rumahnya doang, kalo di kampus atau tempat lain malah ngga efektif. Dikerjain, ya paling cuma ngedit halaman sama daftar pustaka.

Makanya, penting buat kalian pilih cara masing-masing ketika ngedraft. Jangan sampe ikut-ikutan tapi lu sendiri merasa ngga nyaman.

4. Jangan malu buat nanya.
Gue pribadi sebenernya adalah tipe orang yang pede dengan apa yang gue kerjain, dengan apa yang gue tulis. Tapi, ada satu kejadian yang emang gue nyari di semua referensi yang bisa gue temuin dan nihil hasil. Gue terpaksa menurunkan ego untuk nanya ke banyak orang. Ke temen yang masih ngedraft, ke temen yang udah lulus, ke kaka tingkat, bahkan ke adik tingkat. Semakin banyak lu tanya, semakin banyak alternatif jawaban yang lu dapet.

5. MALES??!! YA WAJAR LAAAAH~~
Hakikatnya, seorang manusia itu malas. Enggan ngerjain sesuatu dengan alasan tertentu. Kemalasan ini wajar dialami oleh tiap orang. Jangan desperate to urself kalo lu ngerasa, "buset dah, gue kaga ada semangat-semangatnya ngerjain!" Gue juga ngalamin itu kok. Ada kalanya lu merasa males, merasa "mager" untuk ngedraft. Tapi, di saat yang lain lu akan semangat ngegas ngedraft dengan alasan yang random.

Semangat atau ngganya lu ngerjain itu tergantung bagaimana lu ngatur diri lu sendiri. Motivasi yang bener itu emang seharusnya dateng dari dalam diri alias motivasi internal, kayak yang dibilang di bukunya Djamarah dan Zain (2008: 118). Nah, tugas lu adalah untuk menstabilkan motivasi yang ada di diri lu dengan motivasi yang dateng dari luar. Sardiman (2016: 89) bilang kalo motivasi yang dateng dari dalam diri bakalan lebih stabil daripada motivasi yang dateng dari luar diri. Kalo lu udah kuat sama motivasi diri, niscaya, lu bakal lebih bisa ngatur semangat lu yang bisa aja random dateng dari mana aja.

Itu kan teorinya ya, tapi GUE TETEP AJA MALES WOY! Itu pikiran lu pasti. Gue sendiri sih nilai kalo males itu ngga apa-apa lu alamin. Lu boleh mager. Lu boleh jalan-jalan. Lu boleh liburan. Tapi, kelar itu sermua, janjiin ke diri lu kalo lu bakalan ngedraft lagi. BAKALAN NGERJAIN SKRIPSI LAGI.

Udah gue sebutin 5 tips yang semoga membantu lu. Yang semoga ngebuka pikiran lu kalo siapapun itu bisa "stuck" alias buntu mau kek gimana lagi. Gue harap, tulisan #PERMENbag2 ini berguna buat lu semua yang lagi di semester akhir.

Etapi, gue belom ngasih tau gimana ngadepin dosen yaa? Nanti deh ya. Kasian laptopnya, mau recovery dulu sambil nyari kerja. muehehe.


Referensi:
Djamarah, S. B. & A. Zain. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta: xi + 211 hlm.
Sardiman, A. M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press, Jakarta: x + 236 hlm.
Suhartono, A. 2019. Profil Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN 5 Kota Serang dalam Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Ekosistem. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. ix + 133 hlm.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue