Langsung ke konten utama

TERLALU SAYANG ATAU TERLALU PATUH?? BAHAS BUCIN BERSAMA GUE YANG DOYAN MICIN (#CILOKeps2)

"Eh, si A ke mana?"
"Lagi nganter doinya beli make up."
"Oh gitu."


"Widih! Tumben sendiri? Mana si B?"
"Ada di rumah. Bentar lagi mau jemput dia nih gue."
"Lah? Kan baru dateng lu? Trus mau balik lagi lu?"
"Iya. Hehehe. Sorry ya."
"Hmmm..."


"Mas C, kamu minggu depan sidang ya? Siapkan semua syaratnya dan jangan lupa edit skripsi kamu."
"Nggg? Gimana, Bu?"
"Iya. Edit skripsi kamu. Cuma satu halaman saja. Di bagian ucapan terima kasih kamu. Tolong, tidak usah tulis nama pacar kamu di situ ya. TIDAK PENTING!"
(dalam hati) HAAAAA???!! TIDAK PENTING???!!!! (ngomongnya pake nada coki-muslim. hiya hiya hiya)


Tiga percakapan itu sering terjadi di antara kumpulan mahasiswa tingkat akhir. Di saat semua temannya sedang kumpul, ada aja satu orang atau lebih yang absen gara-gara berurusan sama doinya. Atau, ada aja dosen pembimbing yang nyuruh lu buat "nyingkirin" dulu urusan pacar-pacaran dan elu ga peduliin dan akhirnya lu buat sedemikian rupa sehingga si pacar seakan ngilang padahal cuma ditutupin aja.

Katanya mah, yang kayak gitu namanya BUCIN.
Budak Cinta.


Ngga usah basa-basi.
Langsung aja kita bahas.
#CILOKeps2
Cinta-Cintaan Jomblo Keren
Bucin? Boleh ngga sih??


Menurut gue, bucin berawal dari inginnya seseorang untuk men-treat atau memperlakukan pasangannya sebaik-baiknya. Ada ungkapan, "sayangilah sesamamu seperti kamu menyayangi dirimu sendiri." Nah, itulah bucin menurut gue, gimana caranya doi bisa tetep sama kita dan tetep sayang sama kita.

Dulu, semasa sekolah, definisi pacaran gue adalah definisi bucin jaman now. Nemenin ke kantin, ngobrol bareng, bantuin tugasnya. Ya pokoknya ngapa-ngapain barengan dah.

Semasa kuliah, gue baru menyadari kalo "pacaran" yang gue tau waktu sekolah dulu tidak segampang dan tidak semenyenangkan itu.

"Tidak segampang itu" karena lu harus merelakan apa yang lu akan kerjakan, lu harus merendahkan gengsi lu, dan lu harus membiarkan diri lu selalu ada untuk dia.

"Tidak semenyenangkan itu" gue bilang karena ada variasi negatif dari yang gue barusan tulis di atas.

Ambil contoh gini.
Satu hari di akhir pekan, lu berencana untuk beberes kosan lu karena kosan berantakan banget. Siangnya, lu mau ada rapat di himpunan. Dan sore sampe malemnya, lu mau ke konser band favorit lu. Pagi harinya, lu dichat sama doi lu. Isi pesannya kurang lebih gini.


"Yang, temenin aku beli baju yuk. Nanti malem juga temenin aku ke nikahan temen aku yuk? Masa aku sendiri sih nanti? *emot sedih* *emot love* *emot cium*"


Tentunya, lu akan lebih milih nemenin doi lu karena lu sayang kan? Efek sampingnya, adalah lu harus nunda beresin kosan. Lu harus nemenin dia liat-liat baju padahal lu sendiri ngga suka shopping. Dan, lu harus ngerelain, ngebatalin, ngebuang tiket yang udah lu beli buat nonton konser supaya bisa nemenin doi lu ke nikahan. Sudah pasti, ada perasaan tidak menyenangkan yang lu rasain.

Ada yang bilang, "cinta itu pengorbanan." Tapi, pengorbanan yang gimana dulu nih? Berjuang untuk ngeyakinin dia supaya bisa dinikahin sama lu? Itu pengorbanan. Berjuang untuk ninggalin skripsi lu untuk nemenin dia balik dari kampus ke kosan? I don't think so. Hmmm


Bentar, jangan marah dulu doong. Emosi jiiwaa nyaaa ditahan dulu yaaa~~

Yang menjalankan hubungan adalah kalian, yang wanita dan pria. Dasar dari pengorbanan itu adalah rasa menghormati antarindividu. How can you respect each other without disrespect other things that each person has. Sudah barang tentu, ketika dua orang disatukan, maka dua orang itu akan menyatukan kedua dunia yang berbeda. Bullshit, kalo dua pasangan itu klop banget. Sepatu yang pas aja masih bisa lepas-lepasan mulu karena ngga diiket kenceng, apalagi komitmen?


Bucin yang baik adalah yang saling menghargai, yang saling pengertian, yang saling paham tanpa harus dijelasin secara gamblang.


Udah tau kalo pasangan lagi bete karena lagi ada masalah, tapi malah mau nyuruh doi nganter-nganter lu terus. Udah tau lagi ngejar sidang bulan ini, tapi malah mentingin video call berjam-jam sampe malem dan bikin lu besoknya gagal bimbingan. Plis, jangan iya-iya aja! Tuhan nyiptain mulut buat ngomong, jadi pake mulut lu buat ngomong ke pasangan kalo lu ngga bisa nurutin semua yang dia pengen. Kasih dia alasan yang logis sama dia, biar dia ngga ngambek. Beri negosiasi yang mantep biar lu boleh ngga nurutin yang dia mau. KOMUNIKASI adalah segalanya!

Well, tulisan ini gue buat karena keresahan gue aja. Ngga ada maksud menyinggung atau menghina atau mengejek pihak manapun. Tulisan ini juga gue bikin berdasarkan observasi gue "ngikutin" orang pacaran atau ngeliat orang pacaran. Ya sedikit ada yang pengalaman pribadi. Tapi dikiiit banget.

Konklusinya, bucin itu boleh ngga sih? Boleh! Boleh banget malah. Ya kan lu mau memperlakukan pasangan lu sebaik mungkin. Yang jadi masalah adalah ketika lu harus merelakan yang penting dan prioritas buat diri lu.

Semua kebucinan ini lain cerita kalo kalian udah resmi berpasangan alias nikah, dooong??!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jarkom-Jarkoman (bag. 1)

Pekerjaan paling ribet untuk gue saat ini adalah ketika gue harus kasih kabar ke temen-temen sekelas kalo ada info penting, yang terkadang mendadak juga. Let’s say it with “JARKOM”. Awal-awal jadi ketua kelas, gue bingung istilah untuk frase “kasih tau yang lain yaa ;)” itu apa. Dan ketemulah gue dengan kata ini ==> JARKOM. JARKOM alias JARingan KOMunikasi(?) inilah awal hidup gue yang baru. *lho koq baru geh?* (geh=aksen orang Serang, artinya kayak sih atau masa , tergantung konteks). Kenapa jadi bahas geh-geh’an geh(?) Dari jarkom-jarkoman ini, gue ngerti bahwa manusia di dunia ini berbeda-beda dan unik. Gak usah dunia deh, sepropinsi aja udah beda-beda. Gue lahir dan tinggal di Kota Tangerang. Walau nih kota masuk propinsi Banten, tapi masalah budaya cenderung mirip Betawi. Gue gak bilang kalo Tangerang itu bagian suku Betawi atau Sunda atau Banten atau Amerika *plaak* tapi kalo diliat-liat ya emang beda sama kota/kabupaten lain di Banten. Itulah sebabnya, gue ...

Indah Pada Waktunya (bag.1)

*Cerita fiksi, tapi ada kesamaan nama dan peristiwa yg gue sengaja. Terinspirasi dari kehidupan gue. Indah Pada Waktunya Minggu, 23 Desember 2012 Hari ini 23 Desember 2012. Seperti biasa, aku pergi ke Gereja untuk mengikuti Misa, kata yang layak digunakan umat Katolik menyebut “ibadah”. Tepat di deretan bangku ketiga dari belakang, ia duduk. Ya, yang ku maksud adalah seorang wanita yang aku kagumi. Dialah alasan mengapa aku lebih dan selalu memilih pergi pada jam sembilan pagi. Cantik dengan senyum yang indah dan selalu datang sendiri. Itulah yang menjadi “misteri” bagiku. Entahlah. Toh , aku ikut Misa karena Tuhan dan bukan dia. Deretan depan sampai tengah sudah terisi penuh. Maklum, itu adalah dua hari menjelang Natal. Jadi, orang lebih antusias datang. Ya sudah. Aku lalu duduk di deretan ketiga dari belakang dan kebetulan, duduk di samping kirinya. “Permisi,” kataku pelan. Ia hanya tersenyum padaku. Seketika, jadi salah tingkah karenanya. Kulanjutkan berdoa sebenta...

MAKANSEMAUNYA REWIND 2020! THANK YOU 140++ FOLLOWERS!

Tanggal 31 Desember 2020 kali ini tidak lengkap rasanya kalau gue ga coba bahas timeline gue tahun ini. Khususnya timeline IG kuliner gue yaitu @makansemaunya . Akun yang gue rintis dari November 2018 hingga sekarang ini udah memiliki 140++ pengikut, baik yang kenal ataupun ngga sama gue di real life. Dengan jumlah postingan lebih dari 60 di tahun 2020, akun kuliner ini sudah memberikan setidaknya perasaan lapar pada pengikutnya di tengah malam. Juga, sudah memberikan info tempat makan yang tentunya dijamin enak. Berikut akan gue kasih beberapa kuliner yang memorable untuk gue selama satu tahun ini. Enjoy! 1. Makanan awal tahun Salah satu kuliner di event @indonesiacareer pada bulan Januari 2020. Waktu itu memang gue sengaja datang ke Gedung Smesco Jakarta untuk ikut event jobfair gitu. Sayang banget dong kalo di sana cuma naroh "amplop coklat"? Nah, makanan ini adalah salah satu comfort food di sana. Nasi dengan beragam lauk ala warteg gitu. Selain yang gue makan ini, masih...