Langsung ke konten utama

TEROBSESI JADI FOODVLOGGER, SEORANG ALUMNI UNIVERSITAS INI BIKIN KONTEN KULINER DI INSTAGRAM! ALASAN NOMOR 4 BIKIN KAMU KAGET!!?

Wah, ga kerasa gue udah lulus juga. Hehehe.

Udah lulus bukan berarti bikin gue "merdeka" loh. Tuntutan "kapan lulus" berubah jadi "udah dapet panggilan kerja di mana".

Ketika postingan ini up, gue sudah kurang lebih 3 bulan meng-anggur. Bulan pertama gue habiskan waktu untuk membereskan segala hal yang belum beres di kampus. Bikin hardcover skripsi, bebas pustaka, dan daftar wisuda. Bulan kedua gue "mengabdikan" diri untuk menjadi kaum rebahan alias ga ngapa-ngapain. Dan sampailah gue di bulan ketiga ini, yang mana gue udah realize kalo gue harus ngelakuin sesuatu yang "bermanfaat".

Kesadaran gue buat bangun dan ga rebahan lagi itu muncul pada satu momen. Momen ketika postingan IG kuliner gue di-repost oleh IG @abouttng itulah yang buat gue bangkit.

|
|

Sebelum lebih jauh lagi, gue mau kenalin dulu sama IG kuliner gue itu. Nama akunnya @makansemaunya alias FoodForLife. Lu bisa klik di sini buat langsung masuk ke situ yaa. Abis masuk, jangan lupa langsung klik "IKUTI" atau "FOLLOW". Kelar itu, lu liat satu-satu feed nya dan kasih love plus share ke rakyat IG kalian masing-masing. JANGAN LUPA, KLIK FOLLOW, KASIH LOVE, DAN SEBARIN BIAR MAKIN BANYAK ORANG YANG TAU KALO KULINER INDONESIA ITU UUEEENAAAK!!

*maap maap, caps jebol*


Alasan gue bikin IG @makansemaunya sebenernya adalah ini:

[1] MENGISI WAKTU LUANG

Yup, gue bikin IG ini karena ngeliat gabutnya gue pas ga dipanggil bimbingan skripsi. wkwkwk. Kebetulan, gue dapet dosen yang emang waktu buat bimbingannya langka. Bisa tiap dua minggu sekali baru gue dipanggil untuk bimbingan, jadinya gabut dong waktu gue? Jadilah gue buat IG kuliner ini. Gue inget banget (dan buktinya juga masih ada di feed gue) kalo postingan pertama gue adalah jajanan di kampus gue yang iseng gue foto. WAH, ASLI MEN, ITU FOTO KAGA BAGUS SAMA SEKALI DAH! WKWKWK. Jadi malu sendiri begini~~


[2] TERINSPIRASI ENJOYAJADOTCOM

Jadi, @enjoyajadotcom adalah akun YT yang pertama kali bikin gue seneng ngeliat orang makan. Gue ga tau momen tepatnya kapan, yang jelas, waktu itu gue tengah malem laper di kosan dan emang lagi cekak itu dompet. Buka YT dan ketemu sama @enjoyajadotcom ini. Gue seneng dan ngiler di saat yang sama. Apalagi, mereka liput kuliner yang emang di sekitaran Jakarta dan TANGERANG! Kaget gue. Kok ada ya yang ngeliput kuliner di Tangerang dan dimasukin ke YT juga.

Tadi sempet gue bilang"mereka" untuk nyebut @enjoyajadotcom karena memang akun ini dipegang oleh dua orang. Bang Affandy dan Bang Andry merupakan dua orang foodvlogger yang paling inspiratif buat gue. Tagline mereka "JANGAN LUPA UNTUK TERSENYUM, BERPIKIR POSITIF, DAN BERBUAT BAIK SENANTIASA" bikin gue salut. Di akun YT mereka yang satunya juga (STREET FOODS VILLAGE) sering ngasih tip ke pedagang-pedagang yang mereka samperin.

IG @makansemaunya milik gue ini juga merupakan salah satu cara gue kasih berkat ke pedagang-pedagang kecil yang gue beli makanannya. Ya walaupun belum bisa kasih tip kayak @enjoyajadotcom tapi setidaknya dengan gue menginfokan makanan yang gue beli, ada tambahan info buat orang-orang beli.


[3] MENGASAH KETERAMPILAN FOTO DAN MERINTIS JADI INFLUENCER DI DUNIA KULINER

Seperti jargon salah satu e-commerce Tokopidio yaitu "MULAI AJA DULU" maka IG @makansemaunya ini juga mulai dengan gear seadanya. Foto-foto yang gue ambil sepenuhnya pakai hape gue sendiri. Hape merk OPPO tipe A37f yang katanya udah ga ada di pasaran. wkwk. Tapi gapapa, OPPO MANTAP! TERBAIK OPPO!!

Gue menguji diri sendiri, apakah gue bisa bikin foto yang bikin ngiler orang tapi dengan alat seadanya dan editan seadanya. Jujur, gue cuma punya pengalaman motret itu waktu SMA dan cuma sekali. Itu juga gue kaga paham-paham amat karena kameranya aja punya pak guru. Jadi gue bikin konten di @makansemaunya ini ya semampu dan sebisa gue. Lu bisa liat perbandingan foto-foto di awal gue merintis IG ini dengan yang terakhir-terakhir muncul. Pasti keliatan deh bedanya, entah dari segi angle ngambil foto, lighting, atau editannya.

Selain ngasah keterampilan motret, gue juga merintis jadi influencer di IG. ASIK GA TUH??! WKWKWK.

Di dunia IG kuliner, ada dua tipe akun. Satu, akun yang ngandelin video makan singkat. Dua, akun yang ngandelin foto makanan. Biasanya, tipe yang pertama kebanyakan karena diendorse oleh produk tertentu. Gue mau masuk jadi yang tipe kedua. Fokus ke foto makanannya.

Ciri khas akun @makansemaunya adalah zoom yang keterlaluan. Wkwkwk. Tapi, ga semua makanan bisa gue perlakukan sama. Makanan yang tempting banget, banyak warna misalnya, baru bisa gue berani buat zoom banget. Kalo ga masuk kriteria itu, zooming gue cukup sewajarnya dan fokusnya ke satu bagian aja.

Gue tau perjalanan jadi "influencer" itu puuuaaanjaaang. Butuh waktu setahun buat gue tembus 100 followers. Kenapa? Ya karena gue GA KONSISTEN. So, gue akan coba konsisten sebisa gue. Dan MEMPERBAIKI TERUS FOTO-FOTO yang gue pajang di sana.


[4] PENGEN TERKENAL

IYA. SESIMPEL ITU ALASAN TERAKHIR GUE. KAGET YAA??! B AJA? YAUDAH LAH YAAA~~

|
|

Gue berharap, dengan adanya @makansemaunya ini, gue semakin semangat untuk berkarya dari hal-hal yang emang gue suka.

DAAAAN

SELAMAT DATANG DI LAPTOP DOYAN MAKAN!! Postingan-postingan selanjutnya akan didominasi oleh pengalaman gue menikmati hidangan, perjalanan menuju ke tempat itu, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kuliner INDONESIA!! YEAAAAY!

WELCOME AND ENJOY!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jarkom-Jarkoman (bag. 1)

Pekerjaan paling ribet untuk gue saat ini adalah ketika gue harus kasih kabar ke temen-temen sekelas kalo ada info penting, yang terkadang mendadak juga. Let’s say it with “JARKOM”. Awal-awal jadi ketua kelas, gue bingung istilah untuk frase “kasih tau yang lain yaa ;)” itu apa. Dan ketemulah gue dengan kata ini ==> JARKOM. JARKOM alias JARingan KOMunikasi(?) inilah awal hidup gue yang baru. *lho koq baru geh?* (geh=aksen orang Serang, artinya kayak sih atau masa , tergantung konteks). Kenapa jadi bahas geh-geh’an geh(?) Dari jarkom-jarkoman ini, gue ngerti bahwa manusia di dunia ini berbeda-beda dan unik. Gak usah dunia deh, sepropinsi aja udah beda-beda. Gue lahir dan tinggal di Kota Tangerang. Walau nih kota masuk propinsi Banten, tapi masalah budaya cenderung mirip Betawi. Gue gak bilang kalo Tangerang itu bagian suku Betawi atau Sunda atau Banten atau Amerika *plaak* tapi kalo diliat-liat ya emang beda sama kota/kabupaten lain di Banten. Itulah sebabnya, gue ...

Indah Pada Waktunya (bag.1)

*Cerita fiksi, tapi ada kesamaan nama dan peristiwa yg gue sengaja. Terinspirasi dari kehidupan gue. Indah Pada Waktunya Minggu, 23 Desember 2012 Hari ini 23 Desember 2012. Seperti biasa, aku pergi ke Gereja untuk mengikuti Misa, kata yang layak digunakan umat Katolik menyebut “ibadah”. Tepat di deretan bangku ketiga dari belakang, ia duduk. Ya, yang ku maksud adalah seorang wanita yang aku kagumi. Dialah alasan mengapa aku lebih dan selalu memilih pergi pada jam sembilan pagi. Cantik dengan senyum yang indah dan selalu datang sendiri. Itulah yang menjadi “misteri” bagiku. Entahlah. Toh , aku ikut Misa karena Tuhan dan bukan dia. Deretan depan sampai tengah sudah terisi penuh. Maklum, itu adalah dua hari menjelang Natal. Jadi, orang lebih antusias datang. Ya sudah. Aku lalu duduk di deretan ketiga dari belakang dan kebetulan, duduk di samping kirinya. “Permisi,” kataku pelan. Ia hanya tersenyum padaku. Seketika, jadi salah tingkah karenanya. Kulanjutkan berdoa sebenta...

MAKANSEMAUNYA REWIND 2020! THANK YOU 140++ FOLLOWERS!

Tanggal 31 Desember 2020 kali ini tidak lengkap rasanya kalau gue ga coba bahas timeline gue tahun ini. Khususnya timeline IG kuliner gue yaitu @makansemaunya . Akun yang gue rintis dari November 2018 hingga sekarang ini udah memiliki 140++ pengikut, baik yang kenal ataupun ngga sama gue di real life. Dengan jumlah postingan lebih dari 60 di tahun 2020, akun kuliner ini sudah memberikan setidaknya perasaan lapar pada pengikutnya di tengah malam. Juga, sudah memberikan info tempat makan yang tentunya dijamin enak. Berikut akan gue kasih beberapa kuliner yang memorable untuk gue selama satu tahun ini. Enjoy! 1. Makanan awal tahun Salah satu kuliner di event @indonesiacareer pada bulan Januari 2020. Waktu itu memang gue sengaja datang ke Gedung Smesco Jakarta untuk ikut event jobfair gitu. Sayang banget dong kalo di sana cuma naroh "amplop coklat"? Nah, makanan ini adalah salah satu comfort food di sana. Nasi dengan beragam lauk ala warteg gitu. Selain yang gue makan ini, masih...