Langsung ke konten utama

TEROBSESI JADI FOODVLOGGER, SEORANG ALUMNI UNIVERSITAS INI BIKIN KONTEN KULINER DI INSTAGRAM! ALASAN NOMOR 4 BIKIN KAMU KAGET!!?

Wah, ga kerasa gue udah lulus juga. Hehehe.

Udah lulus bukan berarti bikin gue "merdeka" loh. Tuntutan "kapan lulus" berubah jadi "udah dapet panggilan kerja di mana".

Ketika postingan ini up, gue sudah kurang lebih 3 bulan meng-anggur. Bulan pertama gue habiskan waktu untuk membereskan segala hal yang belum beres di kampus. Bikin hardcover skripsi, bebas pustaka, dan daftar wisuda. Bulan kedua gue "mengabdikan" diri untuk menjadi kaum rebahan alias ga ngapa-ngapain. Dan sampailah gue di bulan ketiga ini, yang mana gue udah realize kalo gue harus ngelakuin sesuatu yang "bermanfaat".

Kesadaran gue buat bangun dan ga rebahan lagi itu muncul pada satu momen. Momen ketika postingan IG kuliner gue di-repost oleh IG @abouttng itulah yang buat gue bangkit.

|
|

Sebelum lebih jauh lagi, gue mau kenalin dulu sama IG kuliner gue itu. Nama akunnya @makansemaunya alias FoodForLife. Lu bisa klik di sini buat langsung masuk ke situ yaa. Abis masuk, jangan lupa langsung klik "IKUTI" atau "FOLLOW". Kelar itu, lu liat satu-satu feed nya dan kasih love plus share ke rakyat IG kalian masing-masing. JANGAN LUPA, KLIK FOLLOW, KASIH LOVE, DAN SEBARIN BIAR MAKIN BANYAK ORANG YANG TAU KALO KULINER INDONESIA ITU UUEEENAAAK!!

*maap maap, caps jebol*


Alasan gue bikin IG @makansemaunya sebenernya adalah ini:

[1] MENGISI WAKTU LUANG

Yup, gue bikin IG ini karena ngeliat gabutnya gue pas ga dipanggil bimbingan skripsi. wkwkwk. Kebetulan, gue dapet dosen yang emang waktu buat bimbingannya langka. Bisa tiap dua minggu sekali baru gue dipanggil untuk bimbingan, jadinya gabut dong waktu gue? Jadilah gue buat IG kuliner ini. Gue inget banget (dan buktinya juga masih ada di feed gue) kalo postingan pertama gue adalah jajanan di kampus gue yang iseng gue foto. WAH, ASLI MEN, ITU FOTO KAGA BAGUS SAMA SEKALI DAH! WKWKWK. Jadi malu sendiri begini~~


[2] TERINSPIRASI ENJOYAJADOTCOM

Jadi, @enjoyajadotcom adalah akun YT yang pertama kali bikin gue seneng ngeliat orang makan. Gue ga tau momen tepatnya kapan, yang jelas, waktu itu gue tengah malem laper di kosan dan emang lagi cekak itu dompet. Buka YT dan ketemu sama @enjoyajadotcom ini. Gue seneng dan ngiler di saat yang sama. Apalagi, mereka liput kuliner yang emang di sekitaran Jakarta dan TANGERANG! Kaget gue. Kok ada ya yang ngeliput kuliner di Tangerang dan dimasukin ke YT juga.

Tadi sempet gue bilang"mereka" untuk nyebut @enjoyajadotcom karena memang akun ini dipegang oleh dua orang. Bang Affandy dan Bang Andry merupakan dua orang foodvlogger yang paling inspiratif buat gue. Tagline mereka "JANGAN LUPA UNTUK TERSENYUM, BERPIKIR POSITIF, DAN BERBUAT BAIK SENANTIASA" bikin gue salut. Di akun YT mereka yang satunya juga (STREET FOODS VILLAGE) sering ngasih tip ke pedagang-pedagang yang mereka samperin.

IG @makansemaunya milik gue ini juga merupakan salah satu cara gue kasih berkat ke pedagang-pedagang kecil yang gue beli makanannya. Ya walaupun belum bisa kasih tip kayak @enjoyajadotcom tapi setidaknya dengan gue menginfokan makanan yang gue beli, ada tambahan info buat orang-orang beli.


[3] MENGASAH KETERAMPILAN FOTO DAN MERINTIS JADI INFLUENCER DI DUNIA KULINER

Seperti jargon salah satu e-commerce Tokopidio yaitu "MULAI AJA DULU" maka IG @makansemaunya ini juga mulai dengan gear seadanya. Foto-foto yang gue ambil sepenuhnya pakai hape gue sendiri. Hape merk OPPO tipe A37f yang katanya udah ga ada di pasaran. wkwk. Tapi gapapa, OPPO MANTAP! TERBAIK OPPO!!

Gue menguji diri sendiri, apakah gue bisa bikin foto yang bikin ngiler orang tapi dengan alat seadanya dan editan seadanya. Jujur, gue cuma punya pengalaman motret itu waktu SMA dan cuma sekali. Itu juga gue kaga paham-paham amat karena kameranya aja punya pak guru. Jadi gue bikin konten di @makansemaunya ini ya semampu dan sebisa gue. Lu bisa liat perbandingan foto-foto di awal gue merintis IG ini dengan yang terakhir-terakhir muncul. Pasti keliatan deh bedanya, entah dari segi angle ngambil foto, lighting, atau editannya.

Selain ngasah keterampilan motret, gue juga merintis jadi influencer di IG. ASIK GA TUH??! WKWKWK.

Di dunia IG kuliner, ada dua tipe akun. Satu, akun yang ngandelin video makan singkat. Dua, akun yang ngandelin foto makanan. Biasanya, tipe yang pertama kebanyakan karena diendorse oleh produk tertentu. Gue mau masuk jadi yang tipe kedua. Fokus ke foto makanannya.

Ciri khas akun @makansemaunya adalah zoom yang keterlaluan. Wkwkwk. Tapi, ga semua makanan bisa gue perlakukan sama. Makanan yang tempting banget, banyak warna misalnya, baru bisa gue berani buat zoom banget. Kalo ga masuk kriteria itu, zooming gue cukup sewajarnya dan fokusnya ke satu bagian aja.

Gue tau perjalanan jadi "influencer" itu puuuaaanjaaang. Butuh waktu setahun buat gue tembus 100 followers. Kenapa? Ya karena gue GA KONSISTEN. So, gue akan coba konsisten sebisa gue. Dan MEMPERBAIKI TERUS FOTO-FOTO yang gue pajang di sana.


[4] PENGEN TERKENAL

IYA. SESIMPEL ITU ALASAN TERAKHIR GUE. KAGET YAA??! B AJA? YAUDAH LAH YAAA~~

|
|

Gue berharap, dengan adanya @makansemaunya ini, gue semakin semangat untuk berkarya dari hal-hal yang emang gue suka.

DAAAAN

SELAMAT DATANG DI LAPTOP DOYAN MAKAN!! Postingan-postingan selanjutnya akan didominasi oleh pengalaman gue menikmati hidangan, perjalanan menuju ke tempat itu, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kuliner INDONESIA!! YEAAAAY!

WELCOME AND ENJOY!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue