Langsung ke konten utama

KENAPA MASUK BIOLOGI?? #SEKULeps1

Untuk sebagian besar pelajar dan mahasiswa, pekan ini sudah masuk pekan kedua kalian belajar online. Gue tau, pas awal kalian dapet kabar kalo sekolah/kuliah kalian diliburin, pasti kalian seneng.

Sehari, masih happy. Dua hari, masih nyesuaiin diri. Lima hari, tugas-tugas deadline dikirim via email. Tujuh hari, kuota abis, minta tetring nyokap, sambil gendong adek lu yang bayi, sambil gantiin aki mobil bokap lu.

MODYAAR~~

Yaa apapun situasi dan kondisi kalian saat ini, bersyukurlah. Karena kalo dipikir-pikir, momen-momen kalian kuliah atau sekolah itu kadang jadi hal yang bikin kalian geli, aneh, dan ketawa sendiri.

Seperti biasa, tiap pagi gue boker, gue selalu merenung (baca: melamun) tentang konten atau tulisan apa yang bakal gue bikin. Pagi ini, sekelebat tema itu datang. 

Di postingan kali ini, gue akan bahas kenapa gue bisa masuk ke biologi. Biologi bukan sembarang biologi, biologi ini yang agak spesial. Yang gue maksud adalah jurusan pendidikan biologi.


#SEKULeps1
Semasa Sekolah, Semasa Kuliah
ALASAN GUE AMBIL JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI


Ini semua berawal dari ketidaktahuan gue untuk ambil jurusan apaan. Passion gue sebenernya ngomong dan ngehibur orang. Makanya, gue berniat kalo kuliah bakalan kuliah di IKJ, Institut Kesenian Jakarta. Serius. Dari kecil, gue terobsesi banget biar masuk kuliah di sana. Kalo gue mudik ke Jogja, cerita sama keluarga di sana, yang gue selalu banggakan dan omongin adalah keinginan gue buat jadi sutradara atau pemain teater!

Minat gue itu tetep ada di diri gue sampai SMA. Selalu seneng sama dunia pertunjukkan, dunia panggung. Sampai suatu waktu di mana gue harus milih jurusan apa aja yang gue mau waktu SNMPTN.

Buat yang ngga tau apa itu SNMPTN atau SBMPTN pada jaman itu (sekitar 2014-2015) beserta tips and trick ala gue, kalian bisa cek postingan lama gue di sini.

Aturan SNMPTN waktu itu adalah gini.
1. Lu bisa milih maksimal 3 jurusan dengan syarat lu harus menyertakan satu jurusan di universitas di provinsi lu.
Atau
2. Lu hanya bisa memilih maksimal 2 jurusan tanpa menyertakan jurusan dari universitas yang ada di provinsi lu.

Yang gue pilih adalah opsi pertama. Gue berkeyakinan bahwa dengan gue milih tiga jurusan dengan satu universitas dari provinsi gue, peluang gue lolos semakin besar dong? 
Iya kan?
Bener doong?
Au dah~

Selanjutnya adalah milih jurusannya. Universitas yang gue pilih adalah Untirta dan UNJ. Jurusan yang gue pilih haruslah yang ada dalam jurusan jenis saintek alias IPA. Gue lupa-lupa inget ya, kayaknya IPC (campuran/lintas jurusan) pada waktu itu untuk SNMPTN belom bisa deh. Makanya, gue agak bingung.

Gue kala itu ngga ahli-ahli banget sama ipa. Gue ngga ngerti fisika kalo ngga liat rumus atau catetan. Begitupun kimia. Yang agak mendingan cuma biologi. 

Plus, guru biologi gue kala itu cukup "menarik". Kelas 10 dan 12, gue diajar sama Pak Arif (beneran namanya itu btw). Kelas 11, gue diajar Pak Sugeng. Pak Arif itu guru biologi sekaligus wakasek kurikulum pada jaman itu. Makanya, beliau dengan mudah untuk mengatur dirinya sendiri agar ngajar di kelas apa aja. Beliau ngajarnya asik. Salah satu guru yang serius tapi nyampein materinya on point, ga bertele-tele. Kelas 10 memang agak sedikit kaku diajar beliau, tapi kelas 12 menjadi masa-masa yang enak banget diajar beliau.

Pak Sugeng juga oke kok. Emang agak genit dan suka godain siswi-siswinya sih. wk. Beliau ngajar dengan teknik nyatet di papan tulis yang lumayan banyak. Ngga beliau sih yang nulis, temen gue yang nulis yaa. Suka bercanda dan emang kalo ngejelasin agak "nyerempet". wk. Gue mah ketawa-ketawa aja. Ilmu yang gue dapet tentunya pas-pasan~~ wkwkwk

Karena ada dua role model guru biologi, gue akan pilih jurusan yang ada biologinya. Apa aja, yang penting berhubungan sama biologi. Gue pun milih Pendidikan Biologi dan Ilmu Biologi di UNJ dan Pendidikan Biologi di Untirta. Gue menempatkan Pendidikan Biologi UNJ di pilihan satu, Ilmu Biologi di pilihan kedua, dan sisanya di ketiga.

Dan ternyata.
.
.
NGGA LOLOS

Setelah itu, gue coba peruntungan SBMPTN dengan lebih mantap. Gue sudah ikut bimbel di Ganesha Operation (bukan endorse, tapi kalo mau endorse ya SILAKAN. haha)
Gue udah ikut tryout beberapa kali. Dan semakin mantap, kalo gue bakal milih biologi. Gue excited banget kalo lagi bahas biologi di tempat bimbel. Hasil tryout pun juga nunjukin kalo hasil passing grade gue akan lebih cocok di jurusan-jurusan biologi.

SBMPTN pun tiba. Gue dengan mantap memilih tiga jurusan berbeda di tiga universitas berbeda. Pertama, Pendidikan Biologi UNJ. Kedua, something yang gue lupa nama jurusannya karena peminat dan daya tampungya dikit, dan dia di UGM. Ketiga, Pendidikan Biologi Untirta. Tes pun selesai. Dan gue dengan pede dan optimis tentang hasil yang akan gue dapet. 

Meanwhile, ortu gue merasa kurang yakin kalo gue bakal keterima di salah satu PTN itu. Gambling mereka, apakah anaknya ini bakal dapet negri apa ngga. Jadi, gue dimasukkan lah ke Universitas Esa Unggul dengan ambil jurusan Public Relation, yang mana adalah passion gue. Di sana, gue udah sempet ikut semester pendek selama sebulan sampe dua bulan gitu lah. Udah dapet temen baru dan dapet cewe inceran juga lagi.

Ketika hari pengumuman SBMPTN tiba, gue terkejut terheran-heran. Gue lolos woy! wkwk.
Gue waktu itu seneng campur ragu. Gue keterima di Untirta. Negri sih, cuma banyak omongan miring yang bikin gue parno sendiri. Temen gue di Esa Unggul juga gue kasih tau kalo gue keterima di Untirta. Salah satu temen gue bilang gini, "Gue yang dari X (sebutin nama daerah di Banten) aja milih kuliah di sini, masa lu mau kuliah di sono?"

Sedih sih. Gue harus ninggalin momen-momen yang baru aja bikin gue nyaman. Tapi, emang kehendak Tuhan bicara yang lain. Daaan, akhirnya gue bisa kuliah di Pendidikan Biologi Untirta, dan sudah lulus! (walau lulus 5 tahun. hiks)


Emang kalo dibaca dari awal, alasan gue masuk biologi khususnya pendidikan biologi tuh ngga bener-bener kuat. Tapi, disadari atau tidak, gue banyak banget ngalamin hal-hal baru dan hal-hal baik selama gue kuliah 5 tahun.


#SEKUL selanjutnya akan bahas apa aja keuntungan dan hal-hal unik yang cuma ada di Pendidikan Biologi! Thanks!


Stay Positive.
Stay Awesome.
Stay Happy.
God Bless!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue