Langsung ke konten utama

SNMPTN vs. SBMPTN


Bentar lagi bakal ada Ujian Nasional dan untuk anak-anak kelas 12, sesuai tradisi yang udah-udah juga, seabis UN bakal ada SNMPTN, SBMPTN, UMPTN, UMBPT, dan kawan-kawannya itu. Tapi yang ingin gue fokuskan di sini adalah tentang SBMPTN-nya. Kenapa(?) Karena tes ini lebih “fair” daripada SNMPTN atau yang lainnya.

Gue jelasin nih.

SBMPTN (btw, untuk selanjutnya gue nulis Sbm aja yak :v) adalah seleksi masuk PTN yang didasarkan oleh tes. Tentu dengan tipe soal yang BEDA JAUH sama soal UN. Beda halnya sama SNMPTN (yang selanjutnya bakal gue bilang, Senam) yang “cuma” ditentukan oleh nilai rapot lu, prestasi akademik dan non-akademik lu, plus hal-hal lain yang menyangkut kualitas sekolah lu (semacem akreditasi, prestasi alumni di PTN, dll).

Bedanya tahun ini dengan tahun lalu, nilai UN kalian di tahun ini juga akan ikut memengaruhi lolos enggaknya kalian lewat Senam. Entah gimana presentasenya, yang jelas bakal dipertimbangin aja. :p hehehe

Back to Sbm. Tes Sbm bersifat menyaring. Itulah kenapa, ada orang yang puuuiiinteeerrnya bukan main di pelajaran “biasa” malah justru gak masuk lewat Sbm. Soal-soal Sbm sekali gue tekankan BEDA JAUH sama soal UN, soal yang lu temuin di kelas, soal-soal BIASA lainnya. Soal-soal Sbm variatif baik dari tingkat kesulitannya, macam-macam soalnya plus cara berpikirnya.

Misalnya aja soal Biologi ini yang gue ambil dari soal TryOut Sbm tahun lalu yang ada di Koran Kompas:

"Pencernaan mekanik dapat terjadi di dalam rongga mulut."
                                      SEBAB
"Proses pencernaan pada organ tubuh selain rongga mulut hanya merupakan pencernaan kimiawi." 
 


Buat yang udah sering latihan plus TryOut soal Sbm sana-sini, pasti gampang banget kan ngejawabnya. Tapi, buat lu yang sama sekali buta sama soal macem gini itu karena di sekolah gak pernah tuh diajarin cara jawab soal kayak gitu.

Nah itulah gunanya kalian buka internet dan cari tahu cara jawab soal-soal kayak gitu. Atau kalo mau cara konvensional, beli buku-buku Sbm gitu di toko material buku.

Bukan bermaksud menghakimi, tapi kenyataannya adalah di “ring” Sbm ini, tingkat objektivitasnya bisa dikatakan tinggi. Yaiyalah! Emang pernah gitu di koran atau di mading sekolah lu misalnya nyantumin kunci jawaban Sbm?! KAGAK ADA ‘kan? Kunci jawaban Sbm dari masa ke masa yang tersebar di buku-buku les lu atau buku “sakti” lu itu ya dijawab manual sama pembuat buku itu. Kunci jawaban yang asli ada di pembuat soal nasional dan belum pernah dipublikasikan. Kemungkinan nyontek dan soal bocor pun gak akan lu temui di Sbm.

Dan kalo boleh berbagi pengalaman, ketika gue lulus dan keterima di PTN yang actually bukan impian gue, it’s doesn’t matter guys! Hasil yang gue dapetin itu adalah memang sesuai sama otak gue. Gue gak akan ngebayangin kalo gue bener-bener keterima di Univ. GadjahDuduk atau Univ. Negeri Jonggol (red:nama PTN disamarkan). Pastinya bakal angat bendera putih mulu alias nyerah.

Last but not least, gue pengen ngasih tips sedikit nih:
1. Buat yang kepingin banget masuk lewat SNMPTN, jangan ngambil PTN yang mainstream! Semisal ui, ugm, itb, dkk. Peluang lu masuk situ akan lebih tipis dari kertas robekan tisu. Cari PTN yang antimainstream tapi akreditasinya juga patut dibanggakan. Dan, JANGAN TAKUT MERANTAU! ;)

2. Buat yang fokus masuk lewat SBMPTN, UMPTN, SIMAK-UI, UM-UGM, dll, saran gue adalah BERLATIH DAN BERLATIH! Kuasai konsepnya terlebih dahulu, latihlah pemahaman lu dari berbagai tingkat kesulitan, dan jangan pernah bosen cari tahu jawabannya kalo lu nggak ketemu-ketemu tuh jawaban. Bisa nanya ke guru yang lu tahu dia expert beeuuudd, googling, atau cari di buku-buku pembahasan soal Sbm.

3. Yang paling penting adalah ATUR STRATEGI LU! *mau perang bos?!* NO! Strategi yang dimaksud adalah penempatan plihan jurusan yang kalian mau. Cari tahu dari berbagai sumber tentang daya tampung masing-masing jurusan, akreditasi jurusan lu itu, dan berapa saingan lu di jurusan yang lu impikan. Urutkan jurusan-jurusan itu berdasarkan kriteria yang gue sebut barusan.
Strategi untuk Tes Tulis juga nambah yaitu CERDIK DALAM MEMILIH PERTANYAAN! Karena untuk jawaban benar akan diberi nilai +4, salah -1, dan gak diisi berpoin 0. REMEMBER THAT!

NB: Postingan ini gue tulis pas gue lagi bingung mau ngapain lagi di kosan~~ *dudududu* B-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue