Langsung ke konten utama

When You "Explode"

Gue ini orangnya gak bisa marah. Sekalinya marah, gue akan semarah-marahnya atau nangis sejadi-jadinya. That's me. Orang yang rela "dibully" demi ngeliat orang lain bisa ketawa dan ngerasa seneng. Ya, mungkin itu juga yang ngebuat gue bercita-cita jadi entertainer. Orang yang dapat ngehibur orang lain. Apapun jenis seni pertunjukkannya gue akan coba lakukan, entah teater, lawak, nyanyi, dan yang lainnya.

Gue pernah "meledak" beberapa kali. Apalagi dulu pas kelas 5 dan 6 SD dulu. Gue yang jadi ketua kelas, harus ngatur 31 murid lainnya. Gue yang terlalu "lembek" dulu, ngebuat temen-temen gak mau diatur. Piket gak mau, selalu berisik, dan masih banyak yang lain. Gue pun sekarang jadi mikir, kenapa dulu gue selembek itu dulu?

Mungkin yang paling pertama adalah gue anak yang paling kuper pada saat itu. Di saat anak-anak yang lain mengenal PS, gue enggak. Di saat anak yang lain udah mulai punya hape, gue belom. Di saat yang lainnya mulai bertumbuh ke atas, gue ke samping (?) Terus lagi, gue "lembek" karena itulah watak gue. Dari TK sampe SD, gue anak yang cengeng. Gak bisa diajak bercanda. Tapi, perlahan-lahan saat gue mulai latah kelas 4, gue mulai bisa untuk gak cengeng lagi. Dari situlah gue mulai yang namanya cinta "monyet". Gue juga mulai kenal yang namanya akting dan teater. Gue juga bisa berkomunikasi dengan baik sama guru. Dan dari kelas 4 itulah, gue mulai bercita-cita jadi aktor. 

Beranjak ke SMP, gue mulai bisa bersosialisasi lebih lagi. Apalagi di SMP, anak-anaknya lebih heterogen. Gue juga mulai ngerti akan toleransi antar umat beragama. Dan gue juga harus siap akan pertanyaan-pertanyaan yang akan mereka ajukan ke gue tentang agama gue ini. Di SMP, gue juga lebih bisa mandiri. Gak terlalu ngandelin ortu lagi. Frekuensi nangis gue juga berkurang. Gue malah lebih sering dilatahin.

Pas di SMA inilah gue merasa harus mengubah semua sikap gue. Gue yang dulu waktu SD mikir tentang gue yang SMA akan gimana, udah jadi anak SMA beneran. Gue juga lebih gampang "welcome" dengan perlakuan temen gue yang baru. Kelas 10, gue pernah ngerjain temen gue, atau mungkin sekelas. Jadi waktu itu semua temen gue pada ngelatahin gue dan ngetawain gue. Gue yang terlalu cape dan terlalu lama kesel, akhirnya pura-pura marah. Walaupun sebenernya salah target, tapi aksi ngerjain gue itu tetep berhasil. Dia juga hampir terpancing emosinya. Dari situ juga gue mulai menyadari, marah dan nangis itu gak guna. Marah dan nangis itu justru bermanfaat buat mengasah akting gue.

Dan hari ini, I exploded again. Gue meledak lagi. Kali ini bukan akting, tapi beneran. Gue yang terlalu kesel dan reflek kalo ada orang yang dari belakang megang kaki gue langsung mukul, udah gak tahan lagi. Secara reflek juga, gue pukul kepala temen gue itu. Cukup kenceng. Dan, it was hurt. Langsung gue bilang ke mereka kalau gue ini beneran marah dan gak suka kalo digituin. Pas keluar ruangan, temen gue itu "seolah-olah" gak seneng sama gue, entah bener atau gak. Straightly, I was crying. Malu emang, karena udah gede tapi masih nangis. Tapi, gue juga nyesel tentang yang udah gue buat. Gue langsung minta maaf, dan bilang kalo gue emang gak sengaja dan reflek.

From that moment, I learned. In fact, my heart is still unstabble. Sometimes, I feel very happy. Sometimes, I feel very sad and dissapointed, even angry about all of my life.

Gue bersyukur masih punya Tuhan, ibu, dan blog ini buat ngeluarin "all of my the deepest heart story." Selain pas punya amarah terpendam dan sejenisnya, gue bisa nangis pas denger lagu "Biar Anak-Anak Datang Kepada-Ku." Lagu gereja yang sebenarnya menceritakan sikap Tuhan yang mau welcome dan mau melayani anak-anak. Tapi, saat gue denger lirik lagunya, "Biar anak-anak datang kepada-Ku. Itu sabda Yesus, dia memanggilku. Kini aku datang, Yesus memanggilku." Lirik sederhana yang bisa buat gue nangis. Setiap lagu itu terdengar, gue coba tahan supaya air mata ini gak keluar. I don't know, kenapa itu bisa terjadi.

Gue juga nyoba untuk lebih "nerimo" atas semua yang orang-orang perlakukan ke gue. Tapi, gue akan langsung bilang ke mereka batasan-batasan kalo mau "ngebully" gue. You're kidding, but you must know how far I can't accept that.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue