Langsung ke konten utama

MEMBAHAS RELASI FRIENDZONE DENGAN POV SEORANG YANG TUNGGAL (#CILOKeps1)

"Kamu ngampus ngga hari ini?"

"Ngga tau nih. Kayaknya sih ngga. *emot senyum keringetan*"

"Yaaah. Ng4MpU5 aJ44ah 5iCCH. *emot mata berbinar sama emot tangan mengatup*"

.... (15 menit belom dibales)

"AkkUUh K4n kAAnG33n. *emot bibir monyong kayak pengen nyium ama emot senyum manis"

~~~~~

Hayo, siapa yang suka begitu? Hahaha.

Perkara saling peduli ini berisiko. Kadang, cuma temenan tapi nyatanya lebih mesra dibanding sama pacar aslinya. Ada lagi yang bilang kalo hubungan kayak gitu terjadi karena ada maunya. Bisa jadi satu pihak doang yang diuntungkan, atau, dua-duanya diuntungkan. Simbiosis mutualisme lah yang paling ideal supaya hubungan kayak gitu "langgeng".

Di konten #CILOK gue yang pertama ini, gue akan bahas tentang relasi friendzone yang menghantui angan-angan jadian. Tentunya, dari sudut pandang (point of view) seorang jomblo keren ini.


Jadi, bersiaplah untuk masuk ke dunia #CILOK
Cinta-cintaan Jomblo Keren
Episode 1
FRIENDZONE


Pengalaman membina hubungan friendzone ini udah sering gue jalanin. Karena kebetulan gue yang ngalamin atau temen gue yang ngerasain. Circle pertemanan gue sering banget kena tuh jebakan yang namanya friendzone.

Kalo diliat dari katanya, "friendzone" ini kan sebenernya bagus ya maknanya. Diambil dari kata "friend" yang artinya temen. Tapi, makna baik ini berubah ketika seorang yang nembak seorang yang lain, lalu si orang yang ditembak itu bilang, "Kita temenan aja ya?" yang disusul senyum manis ngeselin itu. Muncullah kata "-zone" yang menambah makna istilah ini jadi "zona temenan (aja)"

"Kamu terlalu baik buat aku."

"Aku udah nyaman kita temenan begini."

"AKU UDAH NGANGGEP KAMU KAYAK KAKAK AKU SENDIRI."

*mengheningkan cipta... mulai...*

Alasan-alasan itu intinya sama. Si orang yang ditembak ya ngga mau jadian sama lu! Nah, motifnya ini yang bisa macem-macem. Satu, karena si yang ditembak jujur dengan apa yang dia ucapin tadi sehingga itu bukan alibi atau alasan basa-basi doang. Kedua, karena si yang ditembak sebenernya ada rasa sama lu tapi dia ngga mau pacaran. Ketiga, karena si yang ditembak itu EMANG KESEL AJA GITU SAMA LU! EMANG KAGA MAU JADIAN GITU LOOOOH.

Untuk kalian kalangan sekolah, SMP atau SMA, gregetnya kata pacaran itu kayak segalanya kan? Jujur deh, kalian tidak bisa menampik kalo gejolak muda lu berteriak ingin segera dipacari atau memacari.

Di satu sisi, untuk kalian kalangan kuliah dan kalangan pekerja muda, gregetnya pacaran tuh ngga terlalu hype kayak dulu. Dapet pacar syukur, kalo ngga juga yaudah nyantai aja. Terkecuali buat para wanita nih. Kalian justru pengen cepet dinikahin kan??

Buat kaum pria, gimana? Ada dua kalangan pria di umur 20an. Satu, si workaholic atau si pekerja keras yang sangat fokus mengejar kuliah dan karirnya supaya cepet mapan. Atau yang kedua, si bangsat yang suka jalin hubungan sama cewe tapi cuma bikin baper.

Kata-kata legend Raditya Dika bilang, "Ada dua golongan pria. Kalo ngga homo, ya dia brengsek."

Gue sebagai orang yang udah 20an menganggap bahwa tuntutan nikah itu wajar. Apalagi kalo lu adalah wanita yang emang pengen nikah atau lu adalah pria yang udah mapan dan siap meminang cewe lu. Hubungannya dengan friendzone apaan dah?


Bentar, gue benerin sempak dulu.


Sebelum gue lanjut bahas, gue mau disclaimer dulu kalo yang gue bicarain ini ngga mandang agama atau suku tertentu ya. Yang gue bahas adalah yang umum, yang emang dirasain sama kalian-kalian para penikmat wifi cafe.

Hubungan friendzone yang dibalut dengan hubungan cinta beneran itu bahaya. Pun, hubungan friendzone yang cuma pas butuhnya doang adalah lebih bahaya.

Nyinyiran netizen rakyat +62 yang sering menimpa kalian, para kaum friendzoner, kadang-kadang bisa dipertimbangkan. "Masa si A gandengan mulu sama si B?! Padahal kan si A udah punya pacar si F! Trus, si B nya juga kan ada yang nyukain tuh, si G! Idih, kok aneh yaa??"

Mau kayak gimanapun, hubungan "temenan aja" itu pada akhirnya ya harus segera diputuskan. Apakah berlanjut serius? Atau, terima nasib kalo masing-masing bakalan lanjut sama yang lain? Sama kayak hubungan-hubungan lain yang bisa jadi gue bahas di postingan selanjutnya.

Kita, gue dan lu semua, juga ngga bisa memungkiri kalo hubungan friendzone tuh enak! Racun emang yang enak-enak tuh!

Seorang akan merengek, merajuk, meminta-minta sama si partnernya buat ngebeliin atau ngelakuin sesuatu. Kayak dialog yang gue tulis di awal itu tuh. Buat apa coba si A nyuruh si B ke kampus? Padahal, si B itu ada urusan lain di luar kampus. Dibujuk-bujuk, eh si B akhirnya nurut aja gitu sama si A.

Terus ya, enaknya friendzone itu adalah kita serasa punya pasangan beneran, padahal faktanya kita itu cuma sahabatan doang! Yang terbaik itu adalah ketika kita cemburu-cemburuan padahal kita tau kalo masing-masing ini sukanya sama yang lain! Keblinger amat dah. wkwk

Di jaman yang apa-apa udah bisa dipesen lewat ojek online ini, hubungan friendzone tuh udah mulai banyak variasinya. Terlebih, variasi yang dibumbui sama urusan selangkangan. Sebut saja dari One Night Stand (ONS) sampe ke hubungan kayak Friend with Benefits (FWB). Kedua istilah itu merujuk ke hubungan intim yang ngga mengikat, yang tentunya ngga baik juga. Link buat tau lebih lanjut tentang ONS atau FWB, bisa diklik di akhir postingan ini.

Pada akhirnya, friendzone tuh memang sudah semestinya dihentikan demi keberlangsungan perasaan. Biar ngga ada baper-baper lagi tuh. Biar kalo temenan, ya emang karena temenan. KECUALI, kalian yang ngejalaninnya ya fine-fine aja dan ngga ngerasa dirugiin.

Sekian.

Salam, dari gue bubuk micin stik kentang.


Link tambahan info:
https://en.wikipedia.org/wiki/Friends_with_benefits
https://en.wikipedia.org/wiki/Casual_sex
https://www.brilio.net/creator/hubungan-gak-jelas-ini-perbedaan-dari-friendzone-fwb-dan-ons-yang-perlu-kamu-tahu--073110.html#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue