Langsung ke konten utama

PENGALAMAN JALAN KAKI DARI PERPUSNAS KE JUANDA DIPANDU GOOGLE MAPS??! BISA EMANG??!! (#JAJANbag4)

Perjalanan dengan jalan kaki memang ngga senyaman perjalanan dengan transportasi pada umumnya. Jalan kaki itu adalah "alat transportasi" manusia yang paling sederhana. Kalo kalian pergi pake kendaraan, entah umum atau pribadi, diperlukan modal tertentu. Ya semacam uang ongkos untuk naik kendaraan umum atau bensin yang juga dibeli pake uang untuk bisa ngejalanin kendaraan pribadi kalian. Jalan kaki? Ngga perlu yang kayak gitu. CUKUP PAKE KAKI KALIAN SENDIRI DAN GRAAATIIIIS! 

Sebagai kaum urban yang aktivitasnya melelahkan, penduduk Jakarta dan kota metropolitan lainnya memerlukan sarana pendukung untuk menjalankan aktivitas perpindahan gratisnya itu. Sarana yang gue maksud adalah TROTOAR.

Katanya, trotoar menjadi indikator atau ciri bahwa suatu kota atau daerah tersebut ramah pejalan kaki. Yang gue tau dulu, trotoar ya cuma tempat kalian jalan aja. Jalan di pinggir jalan ya udah termasuk sebagai bagian dari trotoar.

Tapi, sekarang gue baru menyadari kalo trotoar bukan sekadar "tempat jalan di pinggir jalan". Diperlukan tempat yang cukup layak yang porsinya imbang dengan jalan raya. 

Gue seminggu kemaren suntuk banget. Hiburan gue hanya kucing yang lagi nakal-nakalnya karena baru dua bulan dan kartun spongebob yang tiap pagi, siang, sore ada mulu di tipi. Makanya, gue merencanakan untuk pergi, menyesatkan diri ke Jakarta.

Ide menyusuri jalan ini datang ketika gue lagi di perjalanan berangkat dari Tangerang ke Perpusnas. Memang, awalnya gue merencanakan untuk pergi ke Perpusnas. Alih-alih ngerjain sesuatu, gue cuma ngedownload aplikasi editing video dan foto pake wifi gratis. Plus, liat-liat yang cakep-cakep.

Ide gue adalah bisa ngga ya gue jalan dari Perpusnas ke Halte TJ Juanda. Kirain, halte juanda jauh dari perpusnas. Emang guenya aja yang dasarnya kuper, ternyata halte juanda masih di sekitaran jalan protokol Jakarta. Yang mana, ngga jauh dari perpusnas. Sekitar 2 kiloan, tentu bukan kilogram ya.

Kenapa ke halte juanda? Ini gue lakuin karena gue kepo dengan rute T12 (Poris Plawad-Juanda) yang jarang banget gue naikin. Sekadar info, Transjakarta juga punya armada khusus dari dan ke Tangerang. Dua di antaranya adalah T11 (Poris Plawad-Bundaran Senayan) dan T12 (Poris Plawad-Juanda). Setelah gue cek, ternyata keduanya cukup beda, terutama di banyaknya pemberhentian.

Ini rute T11
Bandingkan dengan rute T12 berikut.
Ini rute T12

Sekilas, bisa dilihat kalo T11 lebih panjang rutenya dan lebih banyak pemberhentiannya. T12 justru lebih sedikit dan akan lebih sedikit lagi pemberhentiannya jika menuju ke Poris dari Juanda

Sambil menyelam minum air, gue juga mikir kalo gue bisa sekalian survey tempat-tempat makan yang sekiranya bisa gue kunjungi next time.

So, bermodal Google Maps yang gue yakin akurat, gue mencoba berjalan kaki menyusuri jalan Jakarta dari Perpusnas ke Halte TJ Juanda.

Keluar dari gedung Perpusnas, Google Maps kasih tau kalo gue bisa masuk ke area Monas yang bakalan tembus ke arah Jalan Medan Merdeka Utara. Cukup membingungkan awalnya karena ternyata Monas bagian Selatan sedang ada revitalisasi. Tau kan? Yang heboh pohon-pohon ditebang (atau dipindah) itu lho. Jadi, gue memakai ilmu sok tau gue dan berhasil.

Sepanjang perjalanan melewati area Monas, gue juga baru tau ada semacam kantin atau food court yang jual banyak makanan kaki lima. Plus, ada juga yang jual souvenir macam kaos, topi, dan temen-temennya.

Gue sedikit beruntung tidak nyasar karena hari itu adalah hari Sabtu. Hari Sabtu tentu rame pengunjung sehingga gue cukup mudah buat tau di mana jalan keluar masuk pengunjung.

Setelah melewati area dagang, gue masuk ke area jalan gede menuju tugu Monas nya. Cukup asri karena banyak pohon dan di saat bersamaan cukup panas karena matahari lagi ngga nentu. Kadang terik banget, kadang ketutup awan. 

Jalan kaki gue dari Perpusnas ke Juanda
Titik-titik abu itu adalah jarak yang harus gue tempuh untuk melewati area Monas. Cukup jauh yak? Ngga nyangka gue juga. hehe.

Patokan gue untuk tau di gerbang mana gue harus keluar dari Monas adalah keberadaan kubah Masjid Istiqlal dan Menara Gereja Katedral. Kedua rumah ibadah itu merupakan penanda bahwa gue semakin deket dengan tujuan gue yaitu area Juanda.

Keluar Monas, gue mulai menyusuri jalan sesuai arahan Google Maps. Cukup nyaman dengan trotoar yang cukup luas, bisa untuk jalan dua arah dan masih lega. Lalu, gue diarahkan untuk melewati Jalan Veteran II. Patokannya, ada di antara gedung MK dan Kemendagri. Gue cukup seneng karena di jalan yang tergolong kecil ini, trotoarnya cukup oke. Ya walaupun masih ada sedikit yang bisa dibenerin, tapi gue masih bisa dengan nyaman jalan di sini. 

Gue lanjutin ikutin jalan itu sampai di ujung dan berbelok ke kanan. Patokan kalo udah deket belokan adalah lu nemu gedung BRI dan di ujung jalan itu ada rumah makan padang yang cukup gede. Setelahnya, lu ikutin aja petunjuk Google Maps yang akan mengarahkan lu ke Halte TJ Juanda (atau Stasiun Juanda).

Garis biru muda itu adalah jalan yang gue lewatin di Jl. Veteran II
Sekadar info, gambar barusan berasal dari timeline atau linimasa Google Maps gue. Fitur ini mendeteksi arah jalan gue. Gue yakin sih, ini ngga terlalu akurat tapi kurang lebih begini deh.

Sampai di Juanda, gue laper. Gue menjatuhkan pilihan pada mie ayam gerobak yang ngga jauh dari pintu masuk Stasiun Juanda. Review lengkapnya di ig @makansemaunya yaa.

Mie Ayam Pangsit seharga 12k! MANTAP!


Kesimpulan dari perjalanan gue ini adalah:
1. Google Maps bisa diandalkan! Tingkat akurasinya menurut gue sekitar 90 persen!
2. Trotoar Jakarta secara umum memuaskan. Gue harap, trotoar yang baik ini udah menyeluruh ada di Jakarta. Lebih seneng lagi, kalo di Serang dan Tangerang (tempat yang masih sering gue kunjungi) juga bisa nyontoh Jakarta.
3. Kuliner tersembunyi ternyata banyak! Gue harus sering-sering blusukan di ibukota kayaknya.


APAKAH BISA JALAN KAKI DARI PERPUSNAS KE JUANDA PAKE GOOGLE MAPS? JAWABANNYA, BISA!

Sekian.
Salam dari aku sang pemuja mie ayam banyak daun bawang!


Special thanks to:
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Google Maps
Transjakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue