Langsung ke konten utama

KERAMAT! DOA ITU SUNGGUH MUJARAB! #MINTeps1

Beginilah firman Tuhan:
"Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan!
Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan!"

Yeremia 17: 5 dan 7


Widih! Jadi blog rohani lu sekarang??
Itu kata netizen ketika baca postingan ini.

Ngga kok. Tenang aja. Tapi, sesekali bolehlah bikin postingan rohani kayak gini. hehe.

Disclaimer juga. Buat temen-temen nonkristiani yang kurang nyaman dengan postingan ini, bisa skip aja. Kalo yang nyaman-nyaman aja, monggo lanjut baca.


Inilah dia konten rohani pertama gue.
MUKJIZAT ITU NYATA
#MINT
Episode 1
DOA ITU SUNGGUH MUJARAB!


Buat gue, doa itu sesuatu yang indah, yang agung, yang luhur, tapi di saat yang bersamaan merupakan sarana kita ngobrol dengan sesuatu yang nonbendawi, yakni Tuhan. Ada istilah populer, "ucapan adalah doa" yang menurut gue adalah benar. Sesuatu yang datang dari perkataan baik, maka akan memunculkan hal-hal baik yang mengikutinya juga. Amin?


Semasa ngekos dulu, ada ritual yang biasa gue lakuin sebelum pergi ninggalin kosan dan pergi ke kampus. Gue berdiri depan pintu, bikin tanda salib, lalu mengucapkan ini, "Tuhan, berkati aku hari ini agar apa yang akan aku lakukan dapat berjalan dengan lancar. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin", bikin tanda salib lagi, lalu pergi dari kosan. Berulang-ulang gue lakuin itu ketika sebelum ninggalin kosan. Kalaupun gue lagi buru-buru, gue akan selalu bikin tanda salib sebelum ninggalin kosan.

Sampai saat ini, gue yakin dan percaya bahwa apapun yang kita ucapkan dan atau lakukan akan berimbas cepat atau lambat, langsung saat itu ataupun tidak langsung. Suatu saat, gue pernah merasa terpuruk banget. Kosong dan gabut yang beneran gabut. Trus, gue mikir kalo gue begitu karena beberapa hari yang lalu gue lakuin dosa. Gue baru sadar itu dosa ketika beberapa hari setelahnya. See?


Contoh yang lebih riil deh.

Waktu itu adalah pekan UAS. Gue waktu itu semester 7 dan tentunya mata kuliah yang gue ikutin cuma satu. Anak bio untirta tau banget deh ini, apalagi yang sekelas sama gue. wkwk.
Let say si UAS itu hari Kamis ya. Di hari Rabu malemnya, gue menyepelekan esok hari. Gue belajar (baca doang maksudnya) dari jam 8 sampe jam 9an lah kurang lebih. Setelahnya, gue buka-buka Line, Twitter, Facebook. Terus lanjut nonton Hooq dan ngabisin dua film kalo ga salah. Ngga kerasa, udah jam 12 malem. Gue ngga bisa tidur. Buka-buka Youtube lah gue dan akhirnya gue lanjutin nonton video-video makan sampe jam 2 malem. Betul sekali. JAM DUA MALEM! 

Tidurlah gue dan bangun jam 9an. Sudah tentu dong gue telat?! Seumur-umur gue kuliah, gue baru kali itu telat dan pas lagi UAS! Waah, panik gue. Gue ngga mandi, cuci muka gemeteran, jalan cepet biar nyampe kelas, dan bener aja dong kalo UAS nya udah kelar. Puji Tuhan, dosen gue sungguhlah baik dan membolehkan gue buat susulan UAS di lab. Dan, Puji Tuhan lagi, itu soal GAMPANG! Semua materi yang ada di situ gue baca malemnya.

Setelah gue lewatin itu semua, gue merenung. Kok Tuhan masih baik sama gue ya? Keren banget weh! Begitu nistanya gue yang ninggalin Dia, terlena dengan dunia gitu loh, eh malah dibikin manis akhirnya. Merinding gue! Ngga habis pikir kan? Kok bisa siih? Teori gue selama ini bilang kalo kebetulan itu ya karena kebetulan aja. There's nothing special with that. 
Setelah kejadian itu, gue meyakini kalo KEBETULAN ADALAH CARA TUHAN JAWAB DOA KITA YANG SERING KITA DOAIN ATAU BAHKAN DOA YANG SUDAH LAMA BANGET KITA UCAPKAN!


Hal lain adalah ketika gue skripsian. Temen-temen deket gue tau lah gimana gue skripsian. Lika-liku dan sebagainya yang ngga mulus. Puncaknya adalah ketika gue mau sidang. Ngga tau kenapa ya, keragu-raguan gue ngga ada sama sekali. Ngga ada tegang-tegangnya! Fyi, setau gue yaa, gue adalah satu-satunya mahasiswa di jurusan gue yang lakuin sidang skripsi SEORANG DIRI alias sendirian. Seharusnya, gue tegang banget dong. Di ruang sidang, gue sidang kayak lagi bimbingan! Nyantai abis! Pertanyaan dosen bisa gue jawab dengan mudah. Saling sharing malah jatohnya! Wah, keren sih gue! wkwk.

Tanpa sadar, setelah itu, gue renungi kejadian gue sidang itu. Gue mikir kalo kayaknya selain karena doa gue, gue bisa begitu karena restu dan doa nyokap! Beneran deh. Beliau itu sangat sangat sangat care sama gue. Sangat khawatir dengan gue dan terus doa buat gue. 


Dua kejadian tadi adalah dua dari banyak KEAJAIBAN yang gue alami di hidup gue. Keajaiban yang datang dari Tuhan dan bersumber dari orang-orang terdekat kita yang tulus mendoakan kita. Yeremia 17 ayat 5 dan 7 di awal postingan ini adalah buktinya. Bukti, kalo Tuhan sendirilah yang ingin kita yakin denganNya dan yakin dengan bantuan orang. Kadang, kita mikir kalo kita bisa sendiri. Kita adalah power of ourself, kita kuat ya karena diri kita kuat. Tuhan ternyata bertindak di sana. Tuhan dengan caraNya membuat umatnya lancar kerjaannya. Tuhan dengan caraNya membuat umatnya sehat dan tidak pernah sakit. Tuhan dengan caraNya membuat umatnya sejahtera dan punya harta yang mumpuni.

Gimana cara kita tau kalo Tuhan ada di hidup kita? YA DOA DOOONG!!

Kalo udah doa? YA USAHA LAAAH!!

Makanya, orang-orang terdekat kita bisa jadi saluran berkat dari Dia. Orang tua lu, sodara-sodara lu, sahabat-sahabat lu, driver ojek online lu, atau bahkan kang bubur ayam yang lu beli tadi pagi. Mereka semua bisa banget jadi saluran berkat. Ibu juga gue yakini sebagai orang yang paling ampuh saluran berkatnya. Sosok ibu dalam Alkitab adalah Bunda Maria. Bunda Maria adalah sosok ibu yang sungguh mulia dan sangat perhatian pada anaknya, Yesus. Injil menuliskan kalo Bunda Maria dan anaknya yakni Yesus, dateng ke sebuah pesta perkawinan di Kana. Kalo lu inget, mukjizat Yesus yang terjadi atas perantara BundaNya. Bunda Maria nyuruh pelayan-pelayan pesta buat ikutin aja kata-kata Yesus. Dan, VOILA! MIRACLE'S HAPPEN!


"Kalau kau sayang pada pacarmu, lebih sayanglah pada ibumu."
Keramat - Rhoma Irama

Jadi, sudahkah kamu doa hari ini? Sudahkah kamu mulai hari ini dengan membahagiakan orang tuamu? Sudahkah kamu cuddle-cuddle ibumu? Yuk, lakuin selagi bisa!


IG: @katolikmedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue