Langsung ke konten utama

SOCIAL DISTANCING UNTUK DEACTIVATING CORONA VIRUS. SEBUAH ANJURAN YANG GUE BANGET! (#PERMENeps4)

Sumber gambar: infeksiemerging.kemkes.go.id

Awal tahun ini kita dihebohkan dengan virus Corona. Gue pribadi sih awalnya ngerasa aman-aman aja karena itu terjadi di Tiongkok nan jaaauuuh dari Tangerang. Tanpa disangka, per tanggal 16 Maret 2020, sudah ada 117 orang yang positif terjangkit COVID-19 di Indonesia.

hmmm...

Jika dibandingkan dengan data dunia, Indonesia memang tidak seberapa sih. Pun jika dibandingkan dengan kasus COVID-19 di negara asalnya yaitu Tiongkok. Di sana, sebanyak lebih dari 80 ribu kasus yang dikonfirmasi namun sudah ada lebih dari 60 ribu kasus yang sembuh.

Puji Tuhan. Alhamdulillah.

Sumber data: infeksiemerging.kemkes.go.id

Well, emang virus ini bikin sedunia panik, heboh, dan waspada. Indonesia juga ngalamin kepanikan itu.

Ada yang nyikapinnya lebay.
"BORONG SEMUA MIE!! BORONG BERAS!! NAIKIN HARGA MASKER!!"

Ada yang ketakutan.
"HAND SANITIZER GUE MANA YA? GUE TIAP 5 MENIT HARUS PAKE NIIH!"

Ada yang biasa aja.
"Bro, ngga takut sama virus itu tuh?"
"Corona? Ngga takut gue, bro! SELOW!" (lagi nyuap makanan pake tangan)
"HEH! LU UDAH CUCI TANGAN BELOM?"
"UDAH. TADI ABIS BOKER." *poker face*
*besoknya dibawa ke rsud terdekat* *tepok jidat*


Hari Minggu kemarin, Indonesia secara resmi melakukan himbauan pada warganya untuk melakukan Social Distancing. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan maupun penanganan penyakit COVID-19 agar tidak semakin merebak di wilayah Indonesia.


Social distancing tuh apa sih?
Dan, gimana penerapannya?
Inilah #PERMEN
PERMASALAHAN MILENIAL
Social Distancing


Social distancing secara harfiah berarti memberi jarak pada interaksi sosial. Gerakan ini bermaksud untuk mengajak masyarakat agar tidak banyak melakukan kegiatan di luar rumah dan membatasi interaksi sosial yang memungkinkan terjadinya kontak fisik. Social distancing yang paling mudah misalnya ngga jabat tangan dulu dan ngga keluar rumah dulu,

Hal itu bisa banget gue rasain pas ikut Misa di Gereja hari Minggu kemaren. Fyi, Misa hari Minggu sore itu biasanya lumayan rame kalo di Gereja gue. Ya setidaknya, kursi baris depan deket Altar cukup penuh lah. Gue kaget ketika liat kondisi Misa kemaren. SEPI! SUNYI! KAYAK PAS MAU NGAKU DOSA AJA. *ups

Serius deh, sepi banget. Bangku sebaris itu padahal bisa muat untuk 6 orang duduk. Lha ini cuma tiga orang, dua orang, bahkan seorang dalam satu baris bangku itu! Gue dalem hati mikir kalo ini bakal penuh ketika 5 menit Misa mulai, eh ternyata sama aja. Huft.

Hal lain yang baru gue temuin adalah adanya hand sanitizer yang diletakkan di deket pintu masuk. Plus, adanya permohonan dari pihak Gereja untuk tidak berjabat tangan saat melakukan Salam Damai. Kikuk banget gue. Salam Damai yang biasa dilakuin dengan jabat tangan, kali itu harus dilakuin dengan sikap namaste dan atau sikap menganggukkan kepala.


Lalu..
Hari ini, tepat hari Senin. Banyak kegiatan yang sengaja ditunda dalam jangka waktu dua minggu ke depan. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Para siswa diinstruksikan untuk tidak ke sekolah terlebih dulu dan hendaknya belajar di rumah. Ini berlaku juga untuk siswa kelas 12 SMK yang hari ini sedianya UNBK. Gue ngga tau ya bagaimana mereka-mereka yang libur ini. Mungkin ada yang beneran belajar, atau rebahan aja, atau malah liburan beneran. *tepok jidat*


Kemudian..
Hari ini juga, tepat hari Senin. Transjakarta, MRT, LRT, dan Mikrotrans di DKI Jakarta juga dibatasi. Misalnya saja, TJ yang jam operasionalnya hanya dari jam 06.00 sampai pukul 18.00. Ditambah, dengan pembatasan penumpang untuk setiap armadanya. Padahal, social distancing itu juga berlaku ketika penumpang sedang mengantri dan tidak hanya ketika penumpang ada di dalam kendaraan. Bener sih, dalem kendaraannya aman. Tapi, yang ngantri kan desek-desekan. Kaga ngaruh jugaa wooy!


Gue pribadi sih fine-fine aja dengan "pembatasan jarak" ini.
Ya iyalah, gue kan Drs.
(di rumah saja)
joke jadul. maapin.


Nah, berikut beberapa hal yang bisa kita praktikkan untuk mencegah dan mengatasi COVID-19. Syukur kalo bisa dilanjut selamanya. hehe.

1. RAJIN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DENGAN LANGKAH TEPAT SELAMA KURANG LEBIH 20-30 DETIK.
kalo 30 menit, kamu lagi mandi berarti.

2. HINDARI KERUMUNAN RAMAI.
kalo lagi ada yang kecelakaan, ya bantu. jangan diliatin doang, kampret.

3. MASKER DIPERUNTUKKAN BAGI ORANG YANG SEDANG SAKIT DAN ORANG YANG SEDANG NGERAWAT ORANG SAKIT.
buat kamu yang sehat, mending ngga usah pake deh. pake masker wajah aja biar muka makin kinclong. *padahal, sendirinya ngga pernah pake. hiks*

4. KALO BERSIN, TUTUP PAKE TISU DAN LANGSUNG BUANG.
inget ya, langsung buang. jangan disimpen, dipigura, digantungin. lu kira poto wisuda.

5. KALO BERSIN DAN NGGA PUNYA TISU, BERSINLAH DI BAGIAN DALAM SIKU.
lumayan, itung-itung latian pose buat poto di instagram.

dan lain-lain. Silakan lu googling sendiri deh. Bisa dong? Kalo kuota lu abis, minta tetring bokap, nyokap, kaka, adek, tetangga, atau kang galon terdekat dah.


Semoga pandemik COVID-19 ini semakin mereda dan ngga bikin penduduk dunia khawatir yaa. Aamiin.

STAY HEALTHY!
STAY SAFE!
STAY POSITIVE!


Link yang gue pake untuk update info terbaru dan info-info preventif lainnya:
https://www.kemkes.go.id/
http://ksp.go.id/pemerintah-terbitkan-protokol-kesehatan-penanganan-covid-19/index.html
https://infeksiemerging.kemkes.go.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue