Langsung ke konten utama

TOP 3 KULINER ENAK YANG BELUM SEMPAT DINIKMATI KARENA HARUS #DiRumahAja!! #JAJANeps6 #JAJANVirtual

HAAALOOOO!!

Wah, akhirnya gue bisa ngeblog lagi setelah dua bulanan lebih! Senang rasanya balik lagi ngeblog setelah postingan terakhir yang menyedihkan readers nya itu. hiks.

Anyway, kali ini gue akan nyoba keliling-keliling pake Google Maps buat nunjukin ke kalian gimana penampakan kuliner yang semestinya gue cobain.

Tiga tempat kuliner ini adalah tempat-tempat yang udah dan sering gue cobain makanannya. Memorinya masih bisa gue inget dan bakal gue share di sini.


JADI,
TUNGGU APALAGI?
IKUTI GUE DI
#JAJAN
JALAN-JALAN SAMBIL MAKAN
EPS 6
EDISI KHUSUS #DiRumahAja


1. SATE BAROKAH H. WAHAB

Lokasi pertama yang mau gue rekomendasiin ke kalian adalah Sate Barokah H. Wahab. Lokasinya ada di Jl. Imam Bonjol No.8, Karawaci, Kota Tangerang. 

Warung sate ini jadi salah satu tempat makan yang cukup legendaris di Tangerang. Dari gue kecil, sekitar tahun 2000an sampe sekarang, warung makan ini tetep eksis dan tetep jadi andalan Kota Tangerang, lho. Bahkan, dilansir dari gotravelly.com, warung sate ini sudah ada sejak tahun 1979!

Ini tampilan depannya. Deket pinggir jalan, agak ribet buat parkir, tapi masih oke lah.
Ini tampilan depannya.
Deket pinggir jalan, agak ribet buat parkir, tapi masih oke lah.
Credit pic: Google Maps (Faisal Arief Heryawan, May 2020)

Satu hal yang menarik dari lokasi warung ini adalah keberadaannya yang bikin macet jalan di deketnya. Warung ini tuh letaknya deket banget sama lampu merah. Jadi, berasa banget macetnya kalo ada mobil yang mau parkir di sekitar warung makan ini.

Untuk jam buka, di GMaps bilang kalo warung ini buka dari jam 2 siang sampe jam 7 malem.

FAKTANYA?
Benar buka jam 2, tapi jam 4an udah mau beberes ini warung! 
Gokil!

Mungkin, jam 5an masih ada tapi dengan makanan yang ngga lengkap. Plus, mereka sekarang udah bisa dipesen via ojol. Jadi, kemungkinan mereka tutupnya bakal lebih cepet. Mungkin yaa..

Kenapa sih bisa tutup cepet?
Tentu saja karena makanannya dong!

Tampilan dua menu utama: Sate dan sop kambing
Tampilan dua menu utama:
Sate dan sop kambing
Credit pic: Google Maps (Budiman Simadjaja, Dec 2019)

Seperti pada keterangan gambar di atas, mereka cuma jual dua menu. SATE KAMBING dan SOP KAMBING. Sesederhana itu. Tapi, rasanya tidak sederhana!

Kalo lu mau liat review versi videonya, lu bisa liat di videonya Nex Carlos yang ini ya.


Nah, di situ kalian bisa tau kalo warung ini bisa ngabisin 8-9 EKOR KAMBING dalam waktu CUMA TIGA JAM!

Jujur ya, gue ini adalah penikmat bumbu kacang. Apapun bentuknya. Nah, sate kambing mereka ini unggulannya ada di bumbu kacang yang tebel, kentel, dan menyelimuti semua dagingnya.

"TAPI, ITU BENERAN SATE? KOK NGGA DITUSUK?"

Justru itu keunikannya! Kuliner ini tetep dinamakan sate karena dalam proses pembakarannya tetap menggunakan tusukan sate. Ukuran satenya gede-gede saat dibakar lalu bakal dipotong-potong sebelum disajiin ke piring.

Tuh! Gede-gede kan dagingnya?!
Tuh! Gede-gede kan dagingnya?!
Sorry, dicrop karena ada nopol mobil di deket situ.
Credit pic: Google Maps (Kevin Nudian, Jun 2019)

Daging kambing yang dipake di sate ataupun sop itu semuanya empuk, lembut, dan ngga bau prengus! Prengus tuh bau khas kambing, semacam bau yang digunakan jantan untuk memikat lawan jenisnya. Di Warung Sate Barokah ini, daging kambingnya enak dan ngga ada bau sama sekali.

Sate di sini juga bisa dicampur dengan bagian hati kambing, lho! Kapan lagi bisa nemuin sate hati kambing?! Teksturnya lembut, sama seperti hati pada umumnya. Creamy, lembut, pas banget dimakan pake bumbu kacang dan nasi anget!

Trus, untuk sopnya yang spesial di sini adalah sop campur pake OTAK dan MATA KAMBING! Hiih!
Bokap, nyokap, kakak gue yang doyan. Gue sih ngga ya. Tapi itu dulu. Mungkin kalo gue ke sono, gue akan coba makan otak dan matanya. Kalo lu mau coba sop kambing campurnya ini, pastiin kalian dateng pas awal-awal buka. Jam 4 aja untung-untungan lu dapetnya!

Harga di sini tergolong menengah. Per orang mungkin ngabisin duit sekitar 50-70k dengan rincian makan sate, sop noncampur, minum, dan seporsi nasi.

Daftar harganya tuh yaa
Daftar harganya tuh yaa
Credit pic: Google Maps (Dyah Utari, Jan 2020)

Menurut gue sih, tempat ini lebih baik lu kunjungi daripada cuma mesen makanannya via ojol ya. Karena di sini, kalian bisa rasain sensasi asap bakaran sate yang menyeruak dan ngerasain hype yang rusuh, semuanya serba cepet deh!

RATING:
Lokasi: 8/10
Suasana: 8/10
Makanan: 8,5/10
Harga: 7/10

TOTAL: 7,875
Catatan: Target pasarnya memang untuk keluarga dan para pekerja kantoran. Jangan sering-sering makan juga di sini, inget kolesterol. ups


2. BAKMI ANITA KARAWACI


Masih di daerah Karawaci, tepatnya di Jl. Imam Bonjol No.14, Karawaci, Kota Tangerang, ada warung bakmi ayam kampung yang enak. Namanya, Bakmi Anita! Gerainya terletak di pinggir jalan, di depan rumah sang pemilik. Tidak terlalu luas, hanya cukup untuk 15-20 orang saja. Walaupun demikian, suasana rumahan kental di sini. Suasana makan layaknya di rumah sendiri, ditemani dengan lalu lalang kendaraan yang lewat depan rumah.


Tampak depan warung bakminya. Gampang dikenalin dari spanduk besar warna kuning!
Tampak depan warung bakminya.
Gampang dikenalin dari spanduk besar warna kuning!
Credit pic: Google Maps Street View (Taken May 2019)


Suasana dalamnya yang nyaman kalo buat gue. Ngga luas tapi ngga sempit juga kan?
Suasana dalamnya yang nyaman kalo buat gue.
Ngga luas tapi ngga sempit juga kan?
Credit pic: Zomato.com (2015)

Sepengetahuan gue, Bakmi Anita menjadi "pelopor" beragam jenis ukuran mi di Tangerang Kota, setidaknya di daerah Karawaci ya. Di sini, kalian bisa tentuin mau makan mi jenis apa. Bisa mi kecil, mie gede, atau mi keriting. Dari segi rasa, memang tidak ada bedanya. Sama saja. Tapi dari segi tekstur dan kekenyalan, ketiga jenis mie ini beda, lho.

Gue sih lebih suka untuk pesen mi gede ya. Menurut gue, selain ukurannya yang gede sesuai namanya, mi ini juga cukup mengenyangkan. Teksturnya tebal dan bikin cape ngunyah(?) Jadi, menurut gue, ini bakalan bikin gue cepet kenyang juga. wk

Kalau untuk topping-topping yang disajikan sih, semuanya pas pada posisi.
Juaranya tentulah si ayam kampung! Ayam kampungnya bertekstur lembut tapi agak sedikit berserat. Dipotong dadu dan direbus. Rasanya gurih alami khas ayam kampung. Walaupun dipotong dadu, tapi ukurannya lumayan besar!

Seporsi mi kecil ayam kampung. Tampak penuh ya mangkoknya?
Seporsi mi kecil ayam kampung.
Tampak penuh ya mangkoknya? hehe
Credit pic: Zomato (Rizki Ayu Marya, 22 Agustus 2018)

Selain ayam kampungnya yang emang mantap, favoritku tentunya si jamur! Jamur nambahin tekstur lembut dan empuk plus berbumbu. Rasa jamurnya tidak hambar. Terasa gurih, manis, dan sedikit berminyak. Minyak uenak yo. hehehe..

Keseluruhan rasa mi ayam yang disajikan ini pas dan enak! Perpaduan tekstur mi yang dimasak pas, ayam kampung yang gurih enak, dan semua topping yang menemani di situ adalah sebuah harmoni rasa buat gue. Racikan gue ngga banyak sebenernya. Cukup menambahkan lada putih untuk menimbulkan sensasi pedas menggelitik, lalu menyiram mi dengan sedikit kuah. Oh ya, kuahnya juga seger lho! Ada rasa khas yang terasa wangi di hidung dan di dalam mulut!

Selain mie, mereka juga menyajikan banyak menu. Bihun, kwetiau, bakso sapi, bakso ikan, pangsit rebus, nasi tim, dan masih banyak lagi! Tenang aja, semua sajian di sini HALAL! Range harga yang ditawarkan dari 22k untuk mi ayamnya sampai yang termahal 50k.

Daftar lengkap menu dan harganya. Worth it!
Daftar lengkap menu dan harganya.
Worth it!
Credit pic: Google Maps (Metha Shinta Dewi, Jan 2019)

Di Google Maps, Bakmi Anita buka dari jam 8 pagi sampe jam 9 malam. Cocok banget kan buat dijadiin sarapan? Beuh, pagi-pagi dibuka dengan seporsi mi ayam kampung yang menghangatkan perut buat beraktivitas! Buat yang puasa, juga cocok dimakan pas buka puasa karena makan yang berkuah dan seger itu ngga pernah salah! hehehe..

Bakmi Anita juga bisa dipesen via ojek online ya. Jadi, pas banget buat yang lagi #DiRumahAja kayak sekarang nih! 

Untuk lu yang pengen rasain gimana makan bakmi nonhalal, nah gue saranin buat nyoba bakmi ini. Bakmi Anita menawarkan sensasi makan mi yang racikannya dibuat mirip dengan bakmi Chinese asli dengan topping daging yang halal dan ramah bagi semua golongan. Sehabis makan seporsi mi ayam kampung ini, dijamin perut jadi hepi banget deh!

RATING:
Lokasi: 8,5/10
Suasana: 8/10
Makanan: 8,5/10
Harga: 8/10

TOTAL: 8,25
Catatan: Makanan enak, tempat oke, lokasi gampang dicari!


3. RUMAH MAKAN CILODONG (BAKMI ARMADA)


Tempat kali ini juga ngga jauh-jauh dari kata sederhana. Bukan rumah makan padang yang terkenal itu ya. Yang gue maksud adalah Rumah Makan Cilodong!

Rumah makan ini menjual berbagai macam masakan Chinese dan tentunya HALAL ya! Semua orang bisa makan deh! Banyak banget makanan yang disajikan di sini. Dari bakmi goreng sampai ke masakan yang pake seafood.

Banyak kan masakan yang bisa dipesen?
Banyak kan masakan yang bisa dipesen?
Credit pic: Google Maps (Iceu Rahmawati, Jul 2018)

RM Cilodong ini terletak di Jl. Proklamasi, Cimone, Kota Tangerang. Lebih tepatnya di samping komplek Mas Permai I Raya. Tempat makan ini juga dikenal (setidaknya oleh keluarga gue) sebagai "Bakmi Armada". Dulu, jaman bokap masih nyopir bis Armada, doi sering beli bakmi ini. Kebetulan, pool bis Armada jaman itu ada di sebrang RM Cilodong ini. Keluarga gue udah ngerti kalo nyebut "Bakmi Armada" pasti maksudnya tempat makan ini.

Jangan bayangin RM ini layaknya "rumah makan" beneran. Kalo lu ngebayangin di sana banyak kursi tertata rapi, ruangan luas, nyaman ber-AC, maka kalian haruslah bersedih hati. wkwk.

Di sini, memang orang-orang kebanyakan tidak makan di tempat alias take away alias dibungkus. Mengapa? Karena di sini tempatnya tidak terlalu luas. Bahkan, kalo dari depan, kalian ngga bakal ngeh bisa nemuin hidden gem ini nih!

Koki sedang memasak menu-menu andalannya.
Koki sedang memasak menu-menu andalannya.
Credit pic: Google Maps (Yohanes Johan Susilo, Jan 2020)


Bagian dalam rumah makan. Sederhana bukan?
Bagian dalam rumah makan. Sederhana bukan?
Credit pic: Google Maps (Ghabell Cuy, Feb 2018)

Urusan rasa, RM Cilodong ngga ada yang bisa lawan sih buat gue. Otentik Chinese food sih ngga, cuma rasanya tuh ngena banget dan ngga nanggung-nanggung. Gue paling suka sama fuyunghai dan bakmi gorengnya.

Kalo ada yang belom tau, fuyunghai itu pada dasarnya adalah telor dadar yang dikocok lepas dan isiannya gabungan antara sayur dan daging, trus disiram pake saus asam manis. Kadang, saus tersebut ditambahkan kacang polong juga.

Fuyunghai RM Cilodong.
Fuyunghai RM Cilodong.
Credit pic: Google Maps (Welly Fadely, Nov 2019)

Isian fuyunghai di sini ada bakso sapi, bakso ikan, udang, daun bawang, kol, dan potongan bawang bombai. Padat karena isiannya banyak tapi juga lembut karena telornya dimasak dengan pas. Fuyunghai dimasak dengan minyak panas dan banyak sehingga menjadikan luarnya garing namun di dalamnya masih fluffy.

Jangan lupa dengan saus asam manisnya yang kental dan kuat rasanya. Semakin wangi karena ada bawang bombai juga di sana. Biasanya, ada kacang polong yang ikut disajikan. Tapi, di gambar itu lagi ngga ada tuh si kacang polong. hehe..

Bakmi gorengnya juga menjadi andalan di sini. Sungguh! Warna bakmi gorengnya menggiurkan banget, lho!

Warna kecapnya memanggil-manggil!
Warna kecapnya memanggil-manggil!
Credit pic: Google Maps (Welly Fadely, Nov 2019)

Isian bakminya juga melimpah. Ada bakso ikan, bakso daging, telor, hati ayam, kol, dan caisim. Kalo lu mau bakmi ini terlihat makin banyak, lu bisa request agar ngga pake sayur. Otomatis, isiannya yang lain juga makin banyak.

Selain request ngga pake sayur, kalian bisa request juga supaya dibanyakin kecap manisnya. Selain nambah glossy, kehadiran kecap yang maksimal bakalan bikin bakminya agak basah dan menambah kewangian sajian ini.

Persamaan kedua jenis makanan ini adalah porsinya! JUMBO-JUMBO! Seporsi fuyunghai berisi dua telor dadar yang bisa dimakan 3-4 orang. Begitu pula dengan bakmi gorengnya yang bisa kalian bagi-bagi sekeluarga.

Selain porsi, persamaan keduanya adalah teknik memasak. Keduanya menggunakan penggorengan (wok) yang besar dan api kompor yang diatur high temperature. Ini adalah ciri khas masakan Chinese food. Untuk fuyunghai, minyak yang digunakan juga banyak sehingga adonan fuyunghai bisa tenggelam sempurna di dalamnya. Sedangkan untuk bakmi goreng, teknik mengaduk/menumisnya juga sesekali diselingi teknik melempar dengan api menyambar yang bikin masakan sedikit berasap (smokey).

Teknik memasak stir fry.
Teknik memasak stir fry.
Credit pic: DetikFood (Oct 2018)

Menurut GMaps, RM Cilodong ini buka dari jam 11 siang sampe jam setengah 12 malam. Harga-harga di sini juga ngga terlalu mahal, sebanding lah dengan porsi yang ditawarkan. Fuyunghai dan bakmi goreng ini misalnya. Seinget gue, seporsi makanan tersebut dihargai sebesar 18 sampai 22k seinget gue. Lupa-lupa inget, guys! Maapin. hehehe..

RATING:
Lokasi: 7,5/10
Suasana: 7/10
Makanan: 8,5/10
Harga: 8/10

TOTAL: 7,75
Catatan: Dateng sendiri, kalo sepi, makan di situ. Kalo rame, mending bungkus.
Setidaknya, bisa tau suasana memasaknya yang hectic dan jadi atraksi.


NAH!

Itu dia 3 tempat kuliner yang jadi rekomendasi gue buat kalian. Semoga setelah suasana pandemi ini selesai, kita semua bisa hidup seperti sediakala dan bisa nikmatin kuliner-kuliner lain yang pastinya mantap!


AAMIIN!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue