Langsung ke konten utama

MAKANSEMAUNYA REWIND 2020! THANK YOU 140++ FOLLOWERS!

Tanggal 31 Desember 2020 kali ini tidak lengkap rasanya kalau gue ga coba bahas timeline gue tahun ini. Khususnya timeline IG kuliner gue yaitu @makansemaunya.

Akun yang gue rintis dari November 2018 hingga sekarang ini udah memiliki 140++ pengikut, baik yang kenal ataupun ngga sama gue di real life. Dengan jumlah postingan lebih dari 60 di tahun 2020, akun kuliner ini sudah memberikan setidaknya perasaan lapar pada pengikutnya di tengah malam. Juga, sudah memberikan info tempat makan yang tentunya dijamin enak.

Berikut akan gue kasih beberapa kuliner yang memorable untuk gue selama satu tahun ini. Enjoy!

1. Makanan awal tahun

Salah satu kuliner di event @indonesiacareer
pada bulan Januari 2020.

Waktu itu memang gue sengaja datang ke Gedung Smesco Jakarta untuk ikut event jobfair gitu. Sayang banget dong kalo di sana cuma naroh "amplop coklat"? Nah, makanan ini adalah salah satu comfort food di sana. Nasi dengan beragam lauk ala warteg gitu. Selain yang gue makan ini, masih banyak lagi sebenernya tenant-tenant yang jual berbagai macam makanan dan minuman. Tentu tidak gue beli karena fokus gue adalah untuk dapet kerja.
KAYA! KAYA! KAYA!! wkwk

2. Makanan terakhir sebelum pandemi COVID-19

Gado-gado di deket komplek Yayasan Lapenta, Serang.
Bulan Maret 2020.

Momen gue makan gado-gado ini juga merupakan momen terakhir kali gue ke kampus untuk gabut. Karena setelahnya, COVID-19 mulai merebak dan mengharuskan kita untuk di rumah aja. Gue makan gado-gado ini juga ngga sengaja sebenernya. Kalo bukan karena usulan Dhea, salah satu temen gue, bisa aja gue ga pernah nyobain ini. Gue aja baru tau ada gado-gado deket kampus yang kayak gini dan enak!

3. Makanan pertama saat #DiRumahAja

Roti bakar yang lewat depan rumah.
Murah banget tapi dikit yang beli :(

Roti bakar ini adalah makanan pertama yang difoto setelah beberapa hari pemerintah mewajibkan kita untuk di rumah aja. Dibeli karena kebetulan lewat depan rumah, tapi ternyata enak lho! Waktu gue beli, si abang penjualnya seneng banget. Stok rotinya masih banyak dan kayaknya sih gue pembeli pertama waktu itu. Panjang umur dan sehat terus untuk semua pelaku kuliner Indonesia!

4. Likes terbanyak karena kekuatan hashtag/tagar

Maafkan saya emak, mbak, teteh semua.
Postingan ini ngga ada resepnya :(

Jujur, ngga ada maksud untuk "menipu" netijen karena ngga ada resep di situ. Postingan ini murni karena maunya gue untuk share foto kuliner yang cukup apik dari kakaknya temen gue. Temen gue, Fadli namanya, bikin story Whatsapp waktu itu. Berhubung gue lagi ngga ada konten, gue ijin ke dia untuk tolong kirimin foto yang bagusnya. Gue taruhlah foto ini ke akun kuliner dengan tagar yang salah satunya adalah "resepmasak". Mungkin, orang nyangka kalo ini adalah postingan resep. Padahal bukan. hiks.
Anyway, thanks to 51 like for this photo!

5. Likes terbanyak di tahun 2020

Waktunya mepet, keburu laper, yaudah foto seadanya.
Etapi malah banyak yang suka.

Sesaat sebelum gue makan gudeg ini, gue baru ngeh kalo gue belum pernah ngereview gudeg. Yasudah. Akhirnya makanan gue ini difoto dengan tangan kanan yang megang kamera sedangkan tangan kiri megang piring. Foto yang syukurnya lumayan fokus ini berhasil mendapat 23 likes dan 4 komentar. Cukup kaget karena foto yang kurang niat ini justru mendapat perhatian yang lumayan bagus dari netijen.

6. Foto yang paling disuka di tahun 2020

Lighting bagus, komposisi bagus,
semua elemen terlihat jelas.

Foto ini gue ambil di saat suasana tempat makannya lumayan rame. Banyak orang dan satu meja ini banyak makanan milik orang lain. Untungnya, gue duduk di arah cahaya yang tepat dan angle foto yang gue ambil ternyata juga pas untuk menyorot makanan ini. Kontras antara makanan dengan meja juga memberikan highlight foto yang on point. Gue juga udah bisa memadupadankan editan di canva dengan yang gue mau.
CANTIK BANGET DEH POKOKNYA! KAYAK KAMU!

7. Kuliner yang disuka di tahun 2020

Sebagai penyuka mie ayam,
ini jadi juaranya!

Gue itu sebenernya gampangan dalam hal makanan. Hampir semua makanan gue suka. Semua enak dan enak banget. Tapi, khusus mie ayam yang ini, entah kenapa kok bisa enak banget banget bangeeet! Ngga sengaja nemu dan gue suka banget dengan perpaduan rasa gurih dan rempah ayamnya yang kerasa. Plus rasa lada yang cukup kuat di dalam setiap gigitannya. Murah, enak, bikin kenyang.
NO DEBAT buat gue!


Semua kuliner yang ada di akun @makansemaunya punya ceritanya masing-masing. Dan, 7 kuliner yang gue pilih sepanjang 2020 tadi adalah makanan-makanan yang berkesan buat gue. @makansemaunya tumbuh bersama dengan perjalanan hidup gue di tahun yang berat ini. Sempat di tengah tahun, gue merasa hilang ide untuk buat konten lagi. Tapi, gue keinget tujuan utama bikin akun IG ini. Gue mau membagikan pengalaman makan gue plus promosi tempat makan yang menurut gue enak dan enak banget.


HAPPY NEW YEAR!
SELAMAT TAHUN BARU 2021!
STAY HEALTHY, STAY POSITIVE, KEEP HUNGRY! :D

God bless you~




Btw, enak kali ya giveaway OVO/GoPay buat 5 orang masing-masing 100k?
Hmm.. Ntar dulu deh. Nunggu followers @makansemaunya tembus 1000 aja yaa.
hahaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQUAD AYAK-AYAK (Part 1)

Gambar yang pertama kali lu lihat setelah judul di atas bukanlah gambar nyamuk (Famili: Culicidae) yang lagi bertelor di atas air. Sebagian orang mungkin mengenal serangga ini dengan nama "AYAK-AYAK" atau dalam bahasa ilmiahnya  Gerris sp. Jujur, setelah sekian lama judul blog gue berubah nama, postingan ini merupakan postingan TERILMIAH gue. Walaupun keilmiahan gue cuma di depan situ doang sepertinya. (baca: depan lab) Squad Ayak-Ayak ini sih sebenernya bukan squad yang identik sama tentara, atau nama band (maybe?) atau hal-hal aneh lainnya. Ini tuh cuma grup WeA yang sengaja dibikin dalam rangka kesejahteraan mahasiswa pria Biologi yang hilang arah dalam mendiskusikan hasil praktikumnya. *hopefully, ini ga keberatan bahasanya, cukup badan gue aja yg berat* Kenapa kami (akan gue jelasin di part selanjutnya) milih nama ayak-ayak? Jawabannya hampir berfilosofis dengan perumusan Dasar Negara sih. Pertama, Ayak-ayak itu hewan yang unik. Dia KECIL, tapi bisa bertahan dite

DIIMING-IMINGI GOMBALAN DILAN "KAMU NGGA AKAN KUAT, BIAR AKU SAJA", MILEA KASIH TUGAS AKHIRNYA UNTUK DIKERJAKAN DILAN??! BUCIN TO THE NEXT LEVEL!! (#PERMENeps3)

Gue termasuk orang yang cukup pede dengan apa yang gue kerjain, termasuk skripsi punya gue dulu. Saking pedenya, jarang banget gue nanya ke temen sendiri. Iya. Emang salah kok. Tapi, banyak dari kita, masih suka milih-milih buat nanya skripsi. Bisa jadi karena kita milih si A karena dia sama tema penelitiannya. Atau milih si B karena dia kating/senior yang udah ngelewatin itu semua. Atau bahkan, milih si C karena ada udang dibalik rempeyek. Sambil menyelam, minum air, lalu tenggelem. Sekali dayung, dua tiga rumah keliatan dari jauh. Yup! KARENA MODUS! Gue pribadi ngga nyalahin kalian yang lakuin itu ya. Pun, gue juga lakuin itu. hehehe Inti dari segala inti, core of the core dari apa yang gue pengen bahas adalah seberapa penting sih kita tuker ide atau pendapat sama temen? Ngaruh ngga sama skripsi kita? Ngaruh ngga sama penelitian kita? Batasan kita "bantuin" tuh kayak gimana sih? Daaaan, apa kata dosen ya kalo tau kita dibantu sama temen, bahkan secara harfiah

Relakan Saja...

Curhat lagi..curhat lagi... Beberapa hari ini banyak kejadian yang buat gue sadar, kalo hal-hal yang gue inginkan itu gak selamanya harus terpenuhi. Simpel aja contohnya. Misalnya aja tentang ulangan matematika gue kemaren. Gue udah belajar, berlatih ngerjain soal-soal, terus lagi udah coba ngerjain ulang soal yang pernah dinilai. Emang sih pas ulangan cuma ada 5 soal. Tapi, masalahnya adalah dari kelima soal itu yang gue yakin bener cuma satu nomer. Alhasil, gue dapet nilai jelek. Gak cuma gue, sekelas pun gak ada yang lolos KKM (nilainya 75). Hari sabtu kemaren, gue juga ulangan kimia. Hal yang sama telah gue lakukan. Belajar, ngerjain soal-soal plus nyari tambahan materi di buku lain. Untungnya, dari 35 soal PG, setengahnya bisa gue kerjain dengan ingatan gue yang seadanya. Mudah-mudahan kagak remed deh. Inti dari curhatan gue ini adalah sebagai berikut... Satu cewek ini sebenernya udah pernah suka sama gue dulu, tapi nolak gue karena beda iman. Belakangan ini, gue